Kebahagiaan Dalam Menyambut Jemaah Haji Kota Pekalongan 1444 H.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

KOTA PEKALONGAN (Humas) – Kedatangan rombongan jemaah haji Kota Pekalongan yang tergabung di kloter 41 SOC tahun 1444 H/2023 M tepat pukul 13.45 WIB pada harii Selasa (18/7/2023), telah sampai di Asrama Haji Donohudan Solo, setelah melakukan penerbangan dari bandara King Abdul Aziz Arab Saudi.

Sujud syukur langsung dilakukan oleh jemaah haji dan selanjutnya jemaah diarahkan masuk ke ruang gedung Muzdalifah kompleks asrama haji Donohudan Solo, yang memang diperuntukkan bagi para jemaah haji yang baru sampai ke tanah air.

Petugas daerah melakukan penjemputan dan pemulangan rombongan jemaah haji yang tergabung dalam kloter 41 SOC tersebut dengan menggunakan 7 armada bus.

Setelah jemaah haji masuk semua ke dalam bus, barulah dilanjutkan perjalanan menuju kompleks perkantoran Walikota Pekalongan pada Selasa malam (18/07/2023) sekitar pukul 19.45 WIB

Sesampainya di Pemkot Pekalongan, dilanjutkan prosesi penyambutan oleh Walikota Pekalongan, H.A Afzan Arslan Djunaid, SE yang lebih akrab disapa mas Aaf.

Tampak turut serta hadir Kepala Kankemenag Kota Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag, para tokoh masyarakat, ketua ormas Islam dan keluarga dari masing -masing jemaah haji.

Kebahagiaan terpancar dari semua jemaah haji karena mereka kembali bertemu dengan keluarga tercinta setelah terpisah lebih dari satu bulan lebih lamanya untuk menunaikan ibadah haji di kota suci Mekah.

Momen pertemuan tersebut membuat suasana menjadi haru dan tangis bahagia. Mereka saling berpelukan cukup lama di samping pintu-pintu bus, banyak pula yang meneteskan air mata kebahagiaan.

Berdasarkan data dari Kepala seksi PHU Kankemenag Kota Pekalongan, Antono menyampaikan keseluruhan jemaah haji yang berangkat ke tanah suci pada tahun 1444 H/2023 M berjumlah 330 jemaah, sudah termasuk 3 TPHD.

“Dari sejumlah 330 jemaah tersebut, 312 jemaah telah tiba kembali di Kota Pekalongan. Ada 2 orang jemaah haji atas nama KH. Ahmad Zuhdi Khariri dan H. Casmudi telah meninggal dunia di tanah suci dikarenakan sakit. Adapun 1 orang lagi atas nama Hj. Sri Ningsih masih dalam perawatan di RSAS karena sakit,” jelas Antono.

“Adapun sejumlah 15 orang jemaah haji masih berada di Madinah tergabung dalam kloter 95 dan 97 SOC, yang rencananya akan pulang pada tanggal 30 Juli 2023 dan 1 Agustus 2023.” jelasnya.

Sementara itu Walikota Pekalongan, Mas Aaf dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya karena bisa bertemu kembali dengan jemaah haji yang diberangkatkan pada tanggal 5 Juni 2023 yang lalu, dengan kondisi jemaah yang sehat semua.

“Alhamdulillah saya turut bahagia hari ini bisa menyambut kedatangan Bapak Ibu para jemaah haji Kota Pekalongan. Sungguh nikmat tiada tara yang tidak ada bandingannya malam ini kita sampai kembali di Kota Pekalongan dalam keadaan sehat wal afiat, “ tutur Walikota.

“Kita doakan semoga almarhum KH. Ahmad Zuhdi Khariri dan H.Casmudi mendapatkan tempat yang mulia disisi Allah SWT, diterima disisi-Nya, diampuni segala dosa-dosanya, dan diterima segala amal ibadahnya selama di dunia, serta keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran serta keikhlasan,” harapnya

Lebih lanjut Mas Aaf juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kankemenag, H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag dan seluruh jajaran petugas serta panitia yang telah berpartisipasi dalam seluruh proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tahun ini.

Dalam waktu dan kesempatan yang sama Kepala Kankemenag, H.Kasiman yang dikerubuti dan diwawancarai oleh awak media, menyampaikan apresiasi kepada para petugas haji yang sudah bekerja keras, membantu jemaah haji Kota Pekalongan sampai bisa melaksanakan ibadah wajib dan sunahnya dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para petugas haji karena Bapak dan Ibu semua telah bekerja dengan sangat baik. Kekurangan memang pasti ada, karena memang kesempurnaan hanya milik Allah SWT.” ungkapnya. (fzn/bd)