Kembangkan Literasi Kelas Dua, MIM Kauman Hadirkan Pendongeng dari Perpusda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Kamis, 10 November 2022 adalah hari pahlawan nasional. Setelah melaksanakan upacara hari pahlawan. Siswa -siswi kelas dua mendapatkan jadwal literasi perpustakaan keliling. Pada kesempatan ini,mereka mendapatkan fasilitas literasi dari perpustakaan daerah untuk mendengarkan cerita dan dongeng. Kegiatan yang tidak biasanya ini mendatangkan pendongeng dari perpusda yang biasa disapa “Bunda Diah”. Bersama beliau anak-anak kelas 2 dengan jumlah 75 siswa diajak untuk mendengarkan cerita dan dongeng di dalam musholla. Kali ini cerita yang bunda Diah bacakan berjudul “Sigung” dan dongeng “Si Kancil”.

Bunda Diah membawakan cerita dan dongeng dengan sangat menarik dan komunikatif. Diselingi juga pertanyaan-pertanyaan berhadiah. Hadiah yang bunda Diah bawa yaitu beberapa buku cerita. Siswa yang  mampu menjawab maupun berani maju mendapatkan hadiah tersebut. Diantaranya Ghozian, Adzika dan Almira. Dari cerita dan dongeng yang di bawakan bunda Diah, beliau juga menyampaikan  pesan moral dari cerita sigung kepada anak – anak yaitu kalau berteman tidak boleh pilih – pilih. 

“Kegiatan literasi ini tentunya membawa banyak manfaat bagi anak-anak. Dengan cerita dan dongeng dapat menambah kosakata anak,  menstimulasi otak untuk berpikir dan berimajinasi, membuat anak jadi mudah menyampaikan perasaannya. Tentunya untuk meningkatkan dan membudayakan literasi di MIM Kauman” kata Lia Pramuditha selaku Pustakawan MIM Kauman. (LP/MTb/bd)