Kemenag Brebes Harapkan Terciptanya Kerukunan di Jatibarang Kidul Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H. Mad Soleh bersama undangan lainya secara resmi melaksanakan Peletakan Batu Pertama Renovasi Pembangunan Gereja Katolik Paroki Santo Paulus, di Desa Jatibarang Kidul Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, Selasa, (29/08/2023).

Saat menyampaikan sambutan H. Mad Soleh mengatakan, dirinya atas nama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes menyampikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan menyampaikan dukungan dan dorongan kepada panitia pembangunan Gereja Katolik Paroki Santo Paulus Jatibarang.

“Peletakan batu pertama merupakan simbol komitmen untuk senantiasa memperkokoh persatuan antar dan Intern umat beragama dan simbol pelayanan untuk tidak membedah-bedahkan agama apapun,” ujar Mad Soleh saat memberikan arahan pada kegiatan sebelum peletakan batu pertama renovasi Pembangunan Gereja Katolik Stasi Santo Paulus

Ia juga mengatakan keberadaan gereja Katolik stasi Jatibarang, sangat diperlukan saudara-saudara yang umat katolik,  selain dihadiri oleh undangan dari pemerintahan juga dihadiri pula dari tokoh agama baik tokoh agama islam, Toloh Agama dari GKJI dan Gereja Bethel serta  tokoh masyarakat merupakan bentuk toleransi, saling menghargai dan saling menghormati.

“Ini sangat membanggakan dengan terciptanya kerukunan dimasyarakat semoga kedepannya desa Jatibarang Kidul dapat menjadi desa kerukunan, dimana masyarakatnya menjunjung sikap moderasi dalam beragama. Sehingga bersama-sama seluruh umat di desa ini dapat mewujud kepedulian dalam membangun spiritualitas umat dalam kebersamaan dan kerukunan,” ungkapnya.

“Kepada pastor paroki dan jemaat gereja yang sudah bekerja keras, bekerja sama sehingga terlaksana kegiatan pada hari ini, yang akan diletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya renovasi pembangunan gereja Katolik Paroki Santo Paulus Jatibarang ini merupakan perjuangan yang panjang,” katanya.

Untuk itu, Kementerian agama mengajak semua pihak termasuk diantaranya para tokoh-tokoh agama, pemuka-pemuka agama, para alim ulama, para tokoh masyarakat, tokoh Adat, tokoh pemuda, serta semua komponen yang hadir untuk bersinergi membangun Brebes dalam banyak hal, guna terciptanya keamanan ketentram dan kerukunan diantara anggota masyarakat dan umat beragama. Karena Pemerintah tidak bisa sendiri membangun Indonesia untuk itu diperlukan sinergitas dan kolaborasi antar seluruh elemen yang ada dimasyarakat,” ujarnya.

Bapak Uskup Keuskupan Purwokwerto Mgr. Cristophorus Tri Harsono yang memimpin langsung peletakkan batu pertama berharap batu yang diletakkan tersebut menjadi batu penjuru pengembangan iman umat Katolik di desa Jatibarang Kidul sebanyak 70 KK dan lebih 200 jemaat gereja Kabupaten Brebes  dan pengembangan iman umat di Indonesia.

Usai memberikan sambutan, dilanjutkan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Katolik Paroki Stasi Santo Paulus dan dilanjutkan dengan foto bersama di lokasi pembangunan Gereja tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain adalah Uskup Keuskupan Brebes, Ketua FKUB Brebes, Perwakian Polres dan Kodim brebes, Perwakilan dari Kajari Brebes, perwakilan dari Badankesbangpol, Muspika Kec. jatibarang  Beserta Jajarannya, FORKOPIMCAM  jatbarang ,Camat Jatibarang, Pastor Paroki ,Suster, Pengurus Dewan Pastoral Paroki Brebes.(hid/Sua)