Kemenag Kab. Pekalongan Selenggarakan Bimbingan Pra Nikah bagi Remaja Usia Sekolah di SMA 1 Kajen.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Pra Nikah bagi Remaja Usia Sekolah pada Jum’at (03/03/2023) bertempat di SMA Negeri 1 Kajen.

Kegiatan bimbingan diikuti oleh 90 (sembila puluh) peserta yang terdiri dari siswa dan siswi SMAN 1 Kajen. Hadir sekaligus membuka acara Kepala SMA 1 Kajen, Ircham. Dalam sambutannya Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Agama yang telah menjalin kerjasama menyelenggarakan kegiatan bimbingan pra nikah bagi siswa siswinya. “Terimakasih kepada Kemenag yang telah membimbing siswa siswa kami untuk menghindari terjadinya pernikahan di usia dini.”ungkapnya.

Sementara itu sebelumnya Kepala Seksi Bimas Islam H. Moh. Irkham dalam laporannya menyampaikan bahwa target untuk pelaksanaan kegiatan bimbingan pra nikah bagi remaja usia sekolah tahun 2023 sebanyak tiga angkatan, masing-masing angkatan sebanyak Sembilan puluh peserta. “Kami akan terus keliling ke sekolah sekolah untuk selenggarakan bimbingan seperti ini dengan tujuan untuk mencegah terjadinya pernikahan dini, mencegah pernikahan diusia sekolah, “ Imbuhnya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan Sukarno yang hadir dalam kesempatan itu memberikan materi bimbingan dan motivasi kepada peserta (siswa SMAN 1 Kajen) untuk terus semangat dalam menggapai cita-citanya. Ia juga menyampaikan terkait etika pergaulan remaja dan segala problematikanya.

Selain materi dari Kepala Kemenag, acara selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh fasilitator dari Penyuluh Agama Kemenag Hj. Sriwinati yang menyampaikan tentang perlunya meraih cita-cita dan fokus terhadap masa depan, dan dari Puskesmas Kajen yang menyampaikan tentang pentingnya kesehatan reproduksi.

Para peserta tampak bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan bimbingan ini apalagi diselingi dengan bebagai macam gym/permainan yang menarik. (Irkham/MTb/bd)