Kumpulkan Koordinator Calon Jemaah Haji, Ini Yang Disampaikan Kakankemenag Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Berdasarkan jadwal resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1444 H/2023 Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1444 H/2023 akan dimulai pada tanggal 23 Mei 2023 (3 Zulqa’idah 1444).

Menyikapi hal tersebut, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen terus melakukan berbagai persiapan dan koordinasi guna mensukseskan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tingkat Kabupaten. Hal tersebut sebagaimana yang dilaksanakan pada Jum’at 03 Maret 2023, mengadakan  Rapat Koordinasi dengan para koordinator kecamatan calon Jemaah Haji tahun 2023 M / 1444 H. Hadir sebagai narasumber, Kepala Kankemenag Kebumen H. Ibnu Asaddudin dan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Hj. Suwaibatul Aslamiyah.

Kepala Kankemenag H. Ibnu mengatakan, tujuan dikumpulkannya para doordinator adalah dalam rangka memberikan berbagai informasi terkini kepada para koordinator agar menyampaikannya kepada calon Jemaah lainnya di tingkat kecamatan. Harapannya para koordinator dapat menjembatani berbagai informasi yang disampaikan dan menampung berbagai informasi dari Jemaah sehingga kami tau apa apa yang menjadi keinginan mereka.

“Terkadang masyakat lebih merasa marem jika mereka mendapatkan informasi langsung dari kita, bukan melalui media social,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut H. Ibnu juga menjelaskan bahwa dalam minggu depan, tepatnya mulai tanggal 09 Maret 2023 sampai enam hari kedepan akan dilaksanakan proses pembuatan pasport bagi 650 calon Jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Dijelaskan bahwa Kemenag telah bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Cilacap, akan memberikan pelayanan pembuatan paspor on the spot (di lokasi pemohon). Dengan layanan ini calon jemaah tidak perlu repot repot datang ke Kantor Imigrasi, cukup dilayani di Kemenag semuanya selesai.

“Keinginan kami adalah memberikan layanan terbaik kepada Jemaah,” ujarnya.

Malalui pertemuan ini ia juga berharap kesimpang siuran mengenai besaran Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji selesai dan tidak menjadi masalah lagi. Ibnu menginginkan para koordinator ikut memberikan pemahaman kepada calon Jemaah Haji.

Menyinggung tentang data calon Jemaah haji tahun 2023 M / 1444 H, disampaikan Ibnu bahwa sampai saat ini belum ada data resmi calon Jemaah Haji, yang ada masih bersifat estimasi dan belum final. Disampaikannya sampai hari ini Kemenag Kebumen belum mengeluarkan data resmi calon Jemaah haji, yang ada masih bersifat estimasi sebanyak 1043 calon Jemaah.(fz/bd).