Kemenag Kab. Temanggung Gelar Sosialisasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung (Humas) – Sebagai ajang rutin tahunan tingkat nasional, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun ini akan digelar di provinsi Maluku Utara. Hal ini disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Ahmad Sugijarto saat pembukaan Sosialisasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Aula Kantor kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Selasa (04/06/2024). 

Ahmad Sugijarto mengatakan Sosialisasi ini diikuti 80 orang peserta  perwakilan dari MTs dan MA masing-masing 2 orang, sekaligus untuk memastikan kesiapan untuk persiapan pelaksanaan KSM 2024 dan identifikasi untuk mitigasi permasalahan dalam pelaksanaan kompetisi baik tingkat kabupaten/kota hingga nasional.

“Kita upayakan sosialisasi KSM tahun ini sedini mungkin. Mengingat, KSM kali ini berbeda dengan tahun-tahun lampau, yakni berlakunya sistem merit kepada semua peserta. Juknis harus tersosialisasikan dengan baik hingga pembimbing tingkat madrasah,” ujarnya.

Dengan sistem ini diharapkan pelaksanaan lebih kompetitif. Pihaknya juga menyiapkan kegiatan yang akan diikuti seluruh provinsi yaitu MYRES (Madrasah Young Researchers Super Camp).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Fatchur Rochman menyampaikan bahwa Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah gelaran nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah.

Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2024, KSM berupaya mengelaborasi sains, budaya dan teknologi dengan konteks nilai-nilai Islam.

“Mengusung tagline baru Madrasah “Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia”, bahwa pelaksanaan KSM tahun 2024 ini mempunyai beberapa distingsi, diantaranya adalah kompetisi yang bersifat merit-based yaitu menjadikan kualifikasi dan kompetensi peserta sebagai pertimbangan penilaian. Selain itu, KSM 2024 menambahkan kompetisi beregu dimana penekanan diberikan pada kerja-kerja kolaborasi yang merupakan hal penting dalam kegiatan saintifik di Abad 21. KSM 2024 juga meneguhkan rekognisi madrasah yang lebih luas baik nasional maupun internasional,“ urainya.

Tujuan Secara umum, pelaksanaan KSM Tahun 2024 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara khusus tujuan KSM Tahun 2024 adalah : menyediakan wahana bagi siswa madrasah/sekolah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, memotivasi siswa madrasah/sekolah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, Menumbuhkembangkan budaya kompetitif dan kolaboratif untuk maju bersaman-sama meraih prestasi di kalangan siswa madrasah/sekolah,  Menjaring siswa-siswi terbaik di madrasah/sekolah dalam bidang sains dan teknologi untuk meneruskan studi lanjut sarjana di perguruan tinggi terkemuka nasional dan perguruan tinggi internasional.(sr/Sua)