Kemenag Kendal Laksanakan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1444 H

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) dan UIN Walisongo Semarang melaksanakan Rukyatul Hilal penentuan awal Ramadhan 1444 H / 2023 M di Pelabuhan Tanjung Kendal, Rabu (22/3).

Hadir mewakili Bupati Kendal, Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Sugiono yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Rukyatul Hilal sebagai penentuan awal puasa Ramadhan tahun ini.

“Rukyatul Hilal ini sebagai upaya mencari data penguat sebagai penentuan 1 Ramadhan, semoga kita mendapatkan persamaan pemahaman dalam meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan. Pemerintah Kabupaten Kendal dalam hal ini terus berupaya memberikan kepastian dan sedapat mungkin terjalinnya persatuan dengan pemahaman bersama,” tutur Sekda Kendal.

Tahun ini Rukyatul Hilal tidak hanya dipantau menggunakan teleskop dan theodolit saja namun juga dipantau secara digital sehingga tamu undangan yang hadir dapat langsung melihat melalui layar monitor yang sudah disediakan. Beberapa tamu undangan dan mahasiswa dipersilahkan untuk mencoba melihat hilal melalui teleskop, hingga pukul 18.15 WIB tidak ada satupun yang melihat hilal. Namun demikian Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menyampaikan, berdasarkan informasi dari daerah lain seperti Makassar, Donggala dan Mataram melaporkan bahwa hilal sudah terlihat.

“Sampai dengan detik ini pemantauan hilal di Pelabuhan Kendal hilal belum terlihat karena terhalang oleh awan atau mendung, mengingat di tempal lain sudah ada informasi bahwa hilal sudah bisa dilihat maka secara resmi pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pelabuhan Tanjung Kendal kami tutup,” terang Ka KanKemenag Kendal Mahrus. (bel/rf)