Kemenag Terus Tingkatkan Layanan Transportasi Darat untuk Jamaah Haji di Saudi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Diseminasi dan Evaluasi Layanan Transportasi Darat di RM. Joglo Ki Penjawi pada Selasa (01/11). Hadir Kakankemenag Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Kasi PHU H. M. Miftah beserta para staff.

Kegiatan menghadirkan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag RI, H. Subhan Cholid, LC MA didampingi juga Kasubdit Transportasi Haji dan Umrah pada Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri, Sutikno, SP.MM. Adapun peserta kegiatan adalah jamaah haji lunas tunda, jamaah haji tahun 2022, para petugas haji dan pejabat struktural di Kemenag Salatiga.

Dalam sambutannya, Taufiq menyambut baik kunjungan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri dan Kasubdit Transportasi Haji dan Umroh beserta rombongan yang bertujuan untuk memberikan informasi dan evaluasi terkait peningkatkan layanan tranportasi pada pelaksanaan Ibadah Haji.

Subhan mengatakan ada tiga jenis layanan jemaah di Arab Saudi, yaitu akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Terkait dengan layanan transportasi, ada tiga jenis layanan transportasi darat yang disediakan, yaitu layanan transportasi masyair, transportasi shalawat, dan transportasi antarkota. Semua menggunakan bus dari pemerintah Arab Saudi yang memenuhi sertifikasi seperti dengan spesifikasi buatan tahun 2017 – 2021, kapasitas minimal 70 orang (duduk dan berdiri), dilengkapi fasilitas ac, GPS, kotak P3K, alat pemadam kebakaran dll.

Dalam kesempatan itu pula salah satu peserta yang diundang memberikan evaluasi terhadap penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 terkait layanan transportasi di Mekah dan Madinah. Ada beberapa hal yang menjadi catatan, salah satunya terkait dengan kelayakan bus sholawat. Ke depan, pelayanan haji 2023 lebih ditingkatkan.  

Dengan segala gambaran peningkatan layanan transportasi di Saudi, diharapkan jamaah akan semakin mudah menjangkau lokasi yang ingin dituju dan memberikan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah haji. (Humas/YF).