Kementerian Agama Melayani Semua Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – “Kementerian Agama Melayani Semua Agama” Kalimat tersebut diungkapkan dengan jelas dan tegas oleh Kasiman Mahmud Desky,  Kepala Kemenag Kota Pekalongan pada kesempatan Dialog Moderasi Agama yang diselenggarakan oleh FKUB Kota Pekalongan di Gedung PKK pada Sabtu, 23 Juli 2022. Di tengah pertemuan yang dihadiri peserta dari kader NU, Muhammadiyah, LDII, Rifaiyah, Al- Irsyad, Hindu, Kristen, Budha, Konghucu, dan Protestan ini Kasiman menjelaskan progam layanan kepada umat beragama, di samping mengharapkan ke depan agar Moderasi Beragama di Kota Batik mampu meningkatkan harmonisasi kebersamaan semua pemeluk agama.

Sementara Ahmad Marzuqi, Ketua FKUB menekankan agar Moderasi Beragama menjadi sikap dan tindakan FKUB dengan membumikan sikap menerima perbedaan . Sikap tidak berpikir bahwa hanya pendapat sendiri yang paling benar harus terus diedukasikan sejak dini.

Moderasi Beragama akan bertumbuh subur ketika umat beragama memanfaatkan komunikasi sosial dengan sebaik-baiknya. Tindakan nyata melalui pertemuan formal dan Non-formal internal dan eksternal harus diagendakan secara nyata . Selanjutnya, Kasiman menegaskan agar orang yang tidak sejalan dengan Pancasila sebaiknya menepi sehingga tidak mengganggu perjalanan sikap Moderasi Beragama yang sedang gencar diterapkan di semua lini kehidupan. (Qy/bd)