Kendal Raih Juara dalam Ajang POSPEDA Tingkat Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (POSPEDA) ke IX tahun 2022 tingkat Jawa Tengah yang digelar di Kota Solo selama dua hari, Sabtu – Minggu 27-28 Agustus 2022 berbuah manis bagi Kabupaten Kendal. Pasalnya dua piala berhasil dibawa pulang delegasi yang dikirimkan Kemenag Kabupaten Kendal sebagai perwakilan daerah.

Adapun kejuaraan yang berhasil diperoleh yakni juara 2 cabang lomba pidato bahasa Inggris putri atas nama Hanum Sukma Zahrani dan juara 3 cabang lomba seni hadrah puteri atas nama Nur Fitriana Rahmadhani dkk.

Apresiasi atas perolehan prestasi tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal saat momen penyerahan piala, yang berlangsung di aula kantor Kemenag pada Selasa, (30/8).

“Meskipun hanya menjuarai dua cabang pelombaan, tapi Alhamdulillah semuanya berjalan lancar tanpa halangan. Prestasi ini harus kita jadikan semangat dan jangan berpuas diri karena masih banyak sebenarnya yang harus kita perbaiki dan tingkatkan lagi,” tutur Mahrus.

Tahun ini Pospeda mengangkat tema “Santri Sehat, Cerdas, Mandiri dan Toleran”, kegiatan ini bukan hanya sekadar ajang lomba namun sebagai silaturahim antar santri se-Jawa Tengah sekaligus memupuk sikap sportif, toleran dan moderat.

Peserta lomba berkompetisi memenangkan juara dalam cabang lomba antara lain Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Hadrah, Video Film Pendek, Olahraga Atletik, Pencak Silat dan Senam Kesegaran Jasmani. Terselenggaranya ajang ini merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam bidang olahraga dan kesehatan sebagai salah satu dukungan terhadap program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di lingkungan Kementerian Agama.

Selain penyerahan tropi piala para juara juga mendapat uang pembinaan masing-masing Rp. 1.500.000,- untuk juara 2 cabang lomba pidato bahasa Inggris putri dan Rp. 1.000.000,- untuk juara 3 cabang lomba seni hadrah puteri. Para juara Pospeda nantinya akan menjadi utusan santri pada Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke-IX, di mana Solo sebagai tuan rumah pada November mendatang. (bel/rf)