50 Siswa MAN 1 Rembang Ikuti ANBK 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rembang sukses menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022. Sebanyak 50 peserta didik MAN 1 Rembang terlibat dalam ANBK ini.

ANBK tahun 2022 dilaksanakan selama 2 hari (29 – 30 Agustus 2022). Adapaun tempat pelaksanaan ANBK terfokus di 2 ruang laboratorium komputer serta ruang multimedia.

Kepala MAN 1 Rembang, Taufik mengatakan, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

“Ada 3 instrumen penilaian dalam ANBK yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar,” jelasnya.

Masih menurut Taufik, jumlah peserta ANBK di MAN 1 Rembang sebanyak 50 peserta dengan rincian 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Peserta yang mengikuti ANBK dipilih oleh Kemdikbud dari aplikasi EMIS dan dipilih secara acak. Semua peserta ANBK adalah peserta didik kelas XI.

Lancar

Taufik melaporkan, pelaksanaan ANBK tahun 2022 di MAN 1 Rembang berjalan lancar. “Kami selalu memantau persiapan pelaksanaan ANBK mulai tahap persiapan, simulasi, dan pelaksanaan. Kami pastikan bahwa proktor dan teknisi mampu melaksanakan tugas ini dengan sangat baik,” tandasnya.

Minanur Rohman selaku proktor mengatakan, kemampuan, pengalaman, dan keterampilan, serta kerjasama yang apik antara proktor dan teknisi menjadi salah satu kunci sukses lancarnya pelaksanaan ANBK.

Minan menambahkan, mode pelaksanaan ANBK ada 2 yaitu mode semi online dan mode online. “Kami lebih memilih mode online dari pada mode semi online dengan pertimbangan mode online lebih praktis dalam update exambrowser client,” imbuh Minan.

“Semua kendala yang ada selama pelaksanaan ANBK tahun 2022, alhamdulillah bisa kami atasi dengan cepat,” ujarnya. – sutejo/iq/rf