Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara Membuka Secara Resmi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Gelaran tahunan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2022 segera dilaksanakan. MAN 2 Banjarnegara ditunjuk sebagai tuan rumah pembukaan KSM serta tempat pelaksanaan lomba di tingkat MA. Upacara pembukaan KSM bagi MI, MTS dan MA dilaksanakan di indoor MAN 2 Banjarnegara Senin,(8/8).

Sebanyak 1200 tamu undangan yang terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah, Pengurus K3MI, Pengurus K3Mts, Pengurus K3MA,komite KSM Kabupaten Banjarnegara, serta peserta KSM dan guru pendamping. Acara ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Upacara pembukaan KSM kali in dibuka oleh Karsono yang menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Dalam sambutannya beliau mengingatkan pentingnya acara KSM ini. KSM dianggap sebagai tolak ukur madrasah yang ada di Banjarnegara.

“KSM akan menjadi ajang untuk mengukur madrasah di Banjarnegara, lewat KSM ini nantinya akan melahirkan madrasah yang mandiri dan bisa mencetak kader-kader yang berprestasi. Bertemunya kita di  muara yang hebat ini akan menjadi titik balik kebangkitan madrasah di Banjarnegara. Kami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan lancar sehingga nantinya dapat menghasilkan juara yang akan bertanding di KSM tingkat provinsi Jawa Tengah. Tentunya kami sangat berharap Kabupaten Banjarnegara akan sampai pada tingkat KSM Nasional,” ungkapnya.

Karsono juga menjelaskan manfaat apa saja yang bisa di dapat dengan melaksanakan serta mengikuti KSM. Lewat kegiatan KSM kita bisa mengembangkan bakat serta minat peserta didik di bidang sains. Karena madrasah harus mempunyai cir wajah keilmuan. Manfaat yang kedua adalah pelaksanaan KSM bisa meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang berdasarkan nilai – nilai agama. Yang terakhir dengan diadakannya KSM kita mengembangkan budaya kompetitif bagi peserta didik, agar nantinya di masa depan menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri, tangguh, cerdas dan terampil.

Ridlo Pramono selaku Ketua Komite Kompetisi Sains Madrasah Kabupaten Banjarnegara menerangkan seputar kegiatan KSM yang akan dilaksanakan.

“Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah di tingkat Kabupaten Banjarnegara akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 Agustus 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 906 peserta yang terdiri dari 570 peserta tingkat MI, 205 peserta dari tingkat Mts, dan 131 peserta dari tingkat MA. Dimana waktu dan tempat pelaksanaannya tingkat MA akan dilaksanakan pada Selasa 13 Agustus 2022 bertempat di MAN 2 Banjarnegara, jenjang Mts hari Rabu 14 Agustus 2022 bertempat di MtsN 1 Banjarnegara serta jenjang MI pada hari Kamis 15 Agustus 2022 bertempat di 19 Korcam,” terangnya yang menjabat juga sebagai kepala madrasah MAN 2 Banjarnegara. (ak/rf)