Kepala KUA Magelang Utara Terima Kunjungan Mahasiswa Untidar Untuk Berkonsultasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Magelamng Utara, hari ini terima 15 mahasiswa Universitas Negeri Tidar di ruang kerjanya untuk berkonsultasi, (Senin, 5/6).

Pemandangan seperti ini kini menjadi hal yang lumrah, mengingat KUA memang menjadi ujung tombak layanan yang memiliki berbagai tugas dan fungsi dalam berikan pelayanan keagamaan masyarakat, termasuk didalamnya elemen mahasiswa.

KUA mempunyai tugas dan fungsi yang selama ini masih jarang diketahui orang. Sebelumnya orang yang datang ke KUA kebanyakan hanya untuk urusan keagamaan saja. Atupun konsultasi mengenai persyaratan dan ketentuan nikah hingga untuk mendaftarkan pernikahan.

Kedatangan mahasiswa Universitas Negeri Tidar kali ini terkait dengan tugas yang diberikan oleh dosennya. Meraka ingin mengetahui secara lebih gamblang tentang ruang lingkup tugas yang diemban KUA dengan lebih luas.

”Saat ini dengan adanya program revitalisasi KUA, layanan yang diberikan kepada masyarakat lebih luas cakupannya. Tidak terbatas untuk urusan pernikahan saja, kami juga berikan layanan lainnya seperti konsultasi masalah rumah tangga, pindah agama menjadi Islam atau muallaf, perwakafan, sertifikasi halal, atau bahkan berkenaan dengan tempat ibadah serta kerukunan umat,” jelas Taufiq Nur Hidayat.

”Berkenaan dengan penyuluhan agama, kami juga siap memenuhi permintaan masyarakat atau instansi jika menghendaki dilangsungkan pembinaan keagamaan. KUA Kecamatan memiliki 2 Penyuluh Agama Islam PNS dan 8 Penyuluh Agama Non PNS,” tambahnya.

Kehadiran mahasiswa ke KUA di wilayah Kota Magelang kini lebih meningkat intensitasnya. Hal ini tentunya akan berikan dampak positif, mengingat mereka adalah generasi muda yang berpendidikan dan calon-calon pemimpin bangsa. (Hari/rf).