Diminta Tanggap Layani Jemaah, Karu dan Karom Diberikan Pembekalan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Haji tahun ini adalah haji ramah Lansia. Karena itu, Ketua Regu dan Ketua Rombongan diminta sigap untuk melayani jemaah haji, di antaranya yang lansia.

Hal ini disampaikan Ketua MUI Kabupaten Rembang, KH Atho’illah kepada petugas Ketua Regu dan Ketua Rombongan pada Senin (5/6/2023) di aula PLHUT Kemenag Rembang.

“Tahun ini Lansia diprioritaskan. Jumlahnya sekitar 30 persen. Karena itu, Kementerian Agama berupaya melayani Lansia secara maksimal, termasuk dengan menyiapkan petugas haji untuk lansia,” kata KH Atho’illah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H. M. Kafit mengatakan, Karu dan Karom agar selalu berkoordinasi dengan anggota. “Jangan sampai karu dan karom tidka tahu regunya. Karu dan Karom tugasnya membantu petugas haji dan harusa satu komando,” kata Kafit.

Kafit juga mengimbau Karu dan Karom ikhlas dalam bertugas. Keutuhan anggota regu harus selalu dijaga selama perjalanan ibadah haji, terutama waktu wukuf dan sa’i.

“Namun apabila ada jemaah yang hilang, jangan dicari. Nanti kita ikut-ikutan hilang. Segera lapor ke petugas haji, nanti petugas yang akan mencarinya,” tandas Kafit.

Kafit juga menekankan agar karo karom selalu membimbing jemaah untuk tidak melanggar aturan yang berlaku. “Terkait waktu jamarat, ada waktunya sendiri bagi jemaah Indonesia, dan sebaiknya tidak mencari waktu yang afdol,” pesan Kafit.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Moh. Mukson juga turut memberikan pembekalan. Mukson menyampaikan, karu dan karom bertugas untuk menyampaikan informasi/petunjuk/arahan dari perangkat Kloter, baik TPHI, TPIHI dan TKHI.

Karu dan karom juga bertugas mengatur, membantu dan menjaga anggotanya agar tetap utuh, aman, tertib dan lancar baik selama melaksanakan ibadah haji/umrah dan perjalanan hingga kembali ke Tanah Air. “Semua permasalahan agar segera dilaporkan kepada petugas dan segera diselesaikan,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, jemaah haji asal Rembang berjumlah 814 jemaah. Mereka akan tergabung dalam kloter 90, 91 dan 92 dan berangkat pada 19 – 21 Juni 2023.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Rembang, Zuhri menjelaskan, kloter 90 akan berangkat bersama dengan rombongan Kabupaten Kudus pada 19 Juni 2023. Rinciannya, calon haji dari Rembang sebanyak 219 dan Kabupaten Kudus sebanyak 133 orang. Sementara kloter 91 diisi penuh oleh calon haji dari Rembang sebanyak 352 orang dan berangkat pada 20 Juni 2023. Sedangkan kloter 92 calon haji Rembang akan berangkat bersama dengan Kabupaten Blora pada 21 Juni 2023. Rinciannya, 243 orang dari Rembang dan 109 orang dari Blora. — iq/rf