Keterpaduan Itu Penting!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Bertempat di aula Kankemenag Kota Semarang, Selasa (11/4/2023) digelarlah Rakor Evaluasi Kinerja dan Anggaran Triwulan I Tahun 2023 yang diikuti oleh KPA, PPK, PPSPM, Bendahara, Perencana, PPAPB, Pengelola BMN dan PNBP NR, Pengelola Kegiatan DIPA, pejabat pengadaan, serta Kasi dan Gara di lingkungan Kankemenag Kota Semarang, sekitar 30 orang.

Dalam pengarahannya, selaku KPA, Mukhlis Abdillah Kakankemenag Kota Semarang menandaskan pentingnya kerjasama dari seluruh lini yang ada di lingkungan kerjanya, guna tercapainya target realisasi anggaran sebesar 70% di bulan Juli, sebagaimana hasil Rakernas Kemenag RI yang digelar di awal tahun 2023.

“Bagaimana target realisasi anggaran tersebut bisa tercapai, tentunya melalui beberapa upaya, diantaranya penyusunan RPD yang dibarengi dengan TOR dan RAB. RPD ini tidak hanya dikonsumsi oleh unit kerja, tetapi harus dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan perencana, PPK, PPSPM, bendahara, dan juga pejabat pengadaan. Jadi perlunya keterpaduan antara seluruh pengelola keuangan dan pelaksana anggaran,” tandasnya.

Mukhlis Abdillah berujar, agar seluruh unit kerja di lingkungan Kankemenag Kota Semarang, mengakselerasi pelaksanaan anggaran TA 2023 yang tidak memerlukan Juknis dan Juklak. “Jika bisa dilakukan percepatan, mengapa tidak?” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, angka realisasi anggaran menggambarkan pula capaian kinerja dari suatu instansi/lembaga pemerintahan.

Di akhir pengarahannya, ia berpesan agar realisasi anggaran juga harus diikuti dengan tertib administrasi pelaporan sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam pelaksanaan anggaran.

Hal senada diungkapkan pula oleh Kasubbag TU dan Perencana dalam rakor tersebut, agar target realisasi anggaran sebesar 70% di bulan Juli bisa terwujud.(NBA/bd)