Ketua DWP Kankemenag Kota Semarang Kunjungi Masjid Islamic Center Balikpapan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Memasuki hari kedua studi komparatif Kerukunan Umat Beragama (KUB) FKUB Kota Semarang ke Balikpapan, rombongan melanjutkan perjalanan ke Masjid Madinatul Iman Islamic Centre Balikpapan yang mirip dengan Masjid Nabawi Madinah, Jumat (8/9/2023).

Sri Astutik Nurul Hidayah Ahmad Farid, Ketua DWP Kankemenag Kota Semarang selaku salah satu peserta kegiatan studi komparatif menuturkan, Masjid Madinatul Iman Islamic Center Balikpapan  merupakan salah satu masjid terbesar di Balikpapan Selatan, yang berlokasi di Jalan Belibis Raya, Kel. Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. “Masjid ini memiliki luas tanah sekitar 15 Ha, dan luas bangunan 8,75 Ha. Kemegahannya mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah, baik dari segi bentuk kubah masjid, maupun payung-payung teduh yang ada di bagian depan masjid, dibuat mirip dengan Masjid Nabawi Madinah,” tuturnya.

Ia menerangkan, masjid tersebut diresmikan pada 17 Februari 2017. “Masjid Madinatul Iman Islamic Center Balikpapan atau yang terkenal dengan sebutan Masjid Islamic Center Balikpapan, diresmikan pada 17 Februari 2017, bertepatan dengan hari jadi Kota Balikpapan ke-120,” terangnya.

“Pembangunan masjid dimulai pada 2014, dan disiapkan untuk bisa menampung sepuluh ribuan jemaah,” imbuhnya.

Masjid tersebut bercat abu-abu, berketinggian sekitar 30 m, berpenampak kotak dengan lebar 8 m, memiliki 4 menara yang sangat megah dan kekar dengan ketinggian masing-masing 25 m. Di tengah masjid terdapat kubah besar berwarna hijau, dan dikelilingi 20 kubah kecil berwarna putih. Di dalam menara terdapat lift yang bisa mengantar pengunjung sampai ke puncak menara. Selain itu, di dalam masjid juga terdapat gedung aula serbaguna, perpustakaan, hingga ruang belajar TPA/madrasah.(NBA/bd)