Lomba Baca Kitab Suci Dhammapada SD Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kamis (7/9/2023), KKG PAB bersama Disdik Kota Semarang menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Suci Dhammapada bagi siswa SD dalam Lomba Mata Pelajaran Agama Buddha (Mapudha) Tahun 2023.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa agama Budha SD se-Kota Semarang tersebut dilaksanakan di SDN Wonotingal Kec. Candisari.

Daryono, salah satu GPAB Kota Semarang mengatakan, Kitab Suci Dhammapada memuat sabda-sabda Guru Agung Buddha Gotama yang tergugah dalam bentuk syair (Gatha), di dalamnya terdapat 423 syair yang dikelompokkan menjadi 23 bab (vagga). “Setiap syair mempunyai latar belakang peristiwa yang terjadi sebelum syair itu dibabarkan oleh Guru Agung Buddha,” terangnya.

Lomba tersebut berlangsung selama satu hari, dan pemenangnya langsung diumumkan di hari itu pula. “Juara 1 Lomba Baca Kitab Suci Dhammapada SD tahun ini yaitu ananda Dinda Ayu Revata, siswi SDN Pakintelan 01. Juara 2 dari SD Kuncup Melati, David Valentino Saputro, dan Juara 3 Kathina Devi Khemajayanti dari SD Nusaputera,” jelas Daryono.

Pada bagian lain, Daryono mengungkapkan, Lomba Mapudha menjadi salah satu sarana evaluasi akan efektivitas capaian output pendidikan agama Buddha bagi siswa tingkat SD di Kota Semarang.

Ia berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun.(Dar/NBA/bd)