Khatmil Quran, Akhiri Kegiatan Amaliyah Ramadhan IBS MAN 1 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Rabu (12/4) Selepas salat tarawih, MAN 1 Banjarnegara mengelar Khatmil Quran bersama santriwati IBS di masjid Uswatun Khasanah. Hadir pula dalam kegiatan tersebut adalah para pengelola madrasah, pengurus, ustadz, musyif dan musyrifah IBS.  Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka  khataman.

Jani Nurfudin, sekretaris IBS dalam keterangannya mengatakan bahwa khataman berarti penutupan atau kegiatan dianggap selesai.

“Khataman alquran berarti para santriwati telah selesai membaca Alquran 30 juz” tutur Jani

Selanjutnya dikatakan oleh Jani  Nurfudin bahwa dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada santriwati yang telah khatam Alquran tiga kali dalam tiga pekan.

“Tiga santriwati berhasil khatam tiga kali dalam tiga pekan, yaitu Andiya Zahwa Nur, Dyah Mega Hapsari, dan Nayla Al-Hafizah, “lanjutnya

Adapun rangkaian kegiatan Khatmil Quran diawali dengan pembacaan tawasul kepada Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya, juga kepada para nabi terdahulu, ulama, dan para ahli kubur. Selanjutnya membaca marathon juz 30.dengan pembaca utama Anindita Nasywa Prasanti.

Waka humas, M Abror mengatakan pada akhir kegiatan Khatmil akan disampaikan tausiah oleh ustadz Sunar selaku mudir IBS.

Dalam tausiahnya, Ustadz Sunar menyampaikan pentingnya Alquran bagi muslim

“Seorang muslim sudah seharusnya bisa mengamalkan segala ajaran baik yang ada di dalam Al-Qur’an. Jadi, seluruh hal-hal baik yang ada dalam kitab suci ini perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh adalah berbuat baik kepada sesama manusia,” ujarnya.

‘’Tentunya kalian sebagai santriwati harus lebih intensif membaca Alquran sehingga akan makin lancar membacanya.” pungkasnya

Di penghujung acara, Ustad Sunar menutupnya dengan memanjatkan doa  khusus agar seluruh warga MAN 1 Banjarnegara  dilimpahkan kesejahteraan. Kepala madrasah, para pengelola serta seluruh warga MAN 1 Banjarnegara diberikan kekuatan iman dan kesehatan untuk menjalankan seluruh amanah dengan baik. (swh/ak/rf)