Khotmil Quran Iringi Peringatan Hari Santri Nasional 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo (Humas) – Dalam rangka memperingati Hari Santri tahun 2023, MTs N 1 Wonosobo menggelar berbagai rangkaian acara, salah satunya yaitu Kotmil Quran yagn melibatkan peserta didik dan jajaran guru serta karyawan MTs N 1 Wonosobo yang diselenggarakan pada hari Jumat, (20/10/2023) di MTsN setempat.

Kegiatan yang diikuti oleh 919 peserta mencangkup 856 siswa dan 63 guru serta karyawan tersebut dimulai pada pagi hari, dimana seluruh siswa dan guru berkumpul dihalaman MTs N 1 Wonosobo dan dengan khusuk membacakan ayat-ayat suci Al Quran. Proses khotmil Quran dimulai dari surat Al-Fatihah hingga surat terakhir, Al-Nas. Siswa dan guru bergantian membacakan ayat-ayat suci ini dengan khidmat, menunjukkan rasa hormat mereka kepada Al-Quran.

Acara ini menjadi momen penting bagi seluruh komunitas santri di MTsN 1 Wonosobo untuk menunjukkan cinta dan dedikasi mereka terhadap agama Islam. Kepala MTsN 1 Wonosobo, Yatiman, alam sambutannya menyampaikan, peringatan Hari Santri Nasional di MTsN 1 Wonosobo tahun 2023 menjadi pengingat akan peran besar para santri yang berjihad untuk Negeri.

“Peringatan hari santri menjadi pengingat bagaimana peran santri sebagai pilar keagaman dan keilmuan. Dimana para santri selain berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari,” tandasnya.

Terkait tema hari santri tahun 2023 Yatiman menambahkan, Jihad santri untuk negeri jangan dimaknai sebagai peperangan yang melibatkan fisik semata, melainkan perjuangan untuk menguatkan iman dan memperdalam ilmu.

“Jihad saat ini, bukan lagi soal berjuang di medan perang seperti jaman penjajahan dulu. Jihad saat ini adalah bagaimana kita ikut berjuang memajukan dan menjaga bangsa dari pepecahan dengan ilmu yang kita miliki, yang wajib kita timba sebanyak-banyaknya,” pungkasnya.

Setelah acara khotmil Quran selesai, seluruh peserta kembali ke ruang kelas masing-masing untuk mengikuti proses belajar mengajar, dan dilanjutkan dengan kegiatan ziarah makam pada hari Sabtu, (21-10-2023).(Slm/Ps/Sua)