Kilas Balik Persiapan Kampanye Mandatory Sertifikasi Halal di Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kampanye Mandatory Sertifikasi Halal 2024 diprakarsai oleh BPJPH serentak dilaksanakan se-Indonesia Sabtu (18/3). Di Kota Semarang kegiatan digelar di Polder Tawang bersamaan dengan berbagai kegiatan dalam rangka HUT ke-476 Kota Semarang yang dikemas dalam acara bertajuk Gebyar Polder Tawang.

Cholidah Hanum Gara Zawa Kankemenag Kota Semarang yang juga selaku Satgas Halal Kota Semarang seusai kegiatan kampanye (21/3) menyampaikan sesuai pedoman BPJPH, pelaksanaan Kampanye Mandatory Sertifikasi Halal pada tiap kabupaten/kota serentak dilaksanakan pada 2 titik lokasi.

“Se-Indonesia kurang lebih ada 1000 titik lokasi yang melaksanakan kegiatan sama, pada hari dan waktu yang sama di berbagai tempat, antara lain di pusat keramaian, mall, pasar, pusat kuliner, dan lainnya. Di Kota Semarang Polder Tawang merupakan titik lokasi pertama dan lokasi kedua berada di Hall Balaikota Semarang,” papar Hanum.

Ia menjelaskan dipilihnya kedua tempat ini sebagai lokasi Kampanye di Kota Semarang merupakan arahan Walikota Semarang pada saat audiensi virtual yang dihadiri oleh Walikota Semarang, Kakankemenag Kota Semarang, Kapus binwas BPJPH dan tim, Satgas Halal Jateng serta Satgas Halal Kota Semarang (9/3) lalu.

“Alhamdulillah Ibu Ita Walikota Semarang sangat mendukung dan siap mensupport pelaksanaan Kampanye Mandatori Halal di Kota Semarang ini, dan Beliau memberikan arahan perlu dilaksanakan zoommeeting berikutnya dengan peserta yang lebih banyak dari beberapa unsur terkait untuk membahas persiapan Kampanye,” terang Hanum

Selanjutnya zoommeeting dilaksanakan Senin (13/3), dari Pemkot Semarang diikuti oleh Asisten 2, Ibu Staf Ahli Walikota, para Kabag dan Kepala Dinas terkait membahas bentuk kegiatan dan berbagai persiapan dilaksanakannya Kampanye Mandatori Sertifikasi Halal di 2 lokasi di Kota Semarang. Sedangkan dari Kemenag Kota Semarang diikuti oleh Kasubbag TU, Satgas Halal dan perwakilan Penyuluh Agama Islam, turut hadir pula secara virtual Satgas Halal Jateng.

Rakor teknis lanjutan dilaksanakan Rabu (15/3) di Ruang Rapat Bappeda Gedung Balaikota Semarang dipimpin oleh Ketua Panitia Gebyar Polder Tawang, Staf Ahli Walikota Semarang Nurjanah dengan peserta berbagai OPD dan Dinas serta beberapa lembaga terkait pendukung kegiatan ini.

Koordinasi kesiapan juga dilakukan Satgas Halal Kota Semarang bersama Ketua Panitia dan Dinas Koperasi UMKM Kota Semarang Kamis (16/3) di Gedung Moch Ihsan Balaikota,

Disamping koordinasi dan komunikasi dilakukan bersama jajaran Pemkot Semarang, Satgas Halal Kota Semarang juga mengadakan persiapan bersama para Penyuluh Agama Islam, beberapa Lembaga P3H dan Pendamping PPH yang siap berpartisipasi dalam kegiatan Kampanye ini. LP3H yang siap bergabung dan berpartisipasi dari WHC UIN Walisongo Semarang, Unimus dan Unwahas Semarang.

“Rakor tatap muka bersama perwakilan Penyuluh di Ruang Gara Zawa Kemenag Kota Semarang (15/3), sedangkan rakor virtual bersama pendukung kegiatan dari Kemenag dan LP3H kami lakukan 2 kali, Kamis (16/3) dan Jumat (17/3).

Jum’at sore (17/3) persiapan dilakukan dengan tinjauan di 2 lokasi kegiatan. Tinlok bersama dilakukan oleh Satgas Halal Kota Semarang didampingi oleh Tim BPJPH dan Satgas Halal Jateng. Persiapan dilakukan di lokasi hingga Sabtu dini hari (18/3).

“Alhamdulillah meski hanya dipersiapkan dalam waktu singkat, Kampanye Mandatori Halal di Kota Semarang telah berjalan lancar dan sukses. Kami sangat berterima kasih kepada Ibu Ita Walikota Semarang beserta jajaran Pemkot Semarang dan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, hadir dan membantu suksesnya kegiatan ini,” pungkas Hanum Satgas Halal.(Hanum/bd)