Kloter 20 Jamaah Haji Wonosobo Dilepas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Sejumlah 145 Jamaah Haji Wonosobo yang tergabung dalam kloter 20 dilepas, berangkat menuju Asrama Haji Donohudan Solo, pada hari Senin, (29/5) pukul 12.30 wib tadi.
Pelepasan jamaah haji dilakukan oleh Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, di Pendopo Bupati Wonosobo. Dalam sambutannya, Afif menyampaikan, pihaknya dengan merasa bahagia dapat membersamai calon jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo yang akan berangkat menuju Tanah Suci,

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, dengan suka cita mengucapkan selamat atas akan diberangkatkannya Jamaah Haji tahun 1444 H/2023 M ke tanah suci,” terang Afif Nurhidayat.

Ia juga berpesan agar seluruh jemaah dapat menjaga kesehatan agar dapat menjalankan rangkaian ibadah, baik rukun, sunahh dan wajib haji dengan lancar. “Saya menghimbau kepada seluruh Jamaah Haji Wonosobo, untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik,” pesannya.

Mengakhiri sambutannya ia mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji. “Teriring doa semoga seluruh Jamaah Haji Kabupaten Wonosobo senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan lahir batin, hidayah dan inayah dari Allah SWT, sehingga dapat menunaikan ibadah haji dengan baik dan lancar, dapat meraih predikat haji yang mabrur, dan dapat kembali ke tanah air dengan selamat, sehat wal’afiat,” tandasnya.

Menurut Imron Awaludin, selaku Kasubag TU mewakili sambutan Kakankemenag Kab. Wonosobo menyampaikan, seluruh jemaah haji asal Wonosobo sebanyak 647 jemaah yang dibagi menjadi tiga kloter yaitu kloter 20,21, dan 22.

Dalam kloter 20 yang diberangkatkan pertama kali terisi sebanyak 145 jemaah dengan rincian 74 jemaah pria dan 71 jemaah wanita,

“Dalam kloter 20 ada 145 jemaah dari 9 Kecamatan yaitu Kecamatan Wonosobo (1), Garung (6), Kaliwiro (10), Wadaslintang (9), Leksono (6), Sukoharjo (6), SELOMERTO (8), Kalikajar (7), dan Kertek (21) serta ditambah 1 Petugas Haji Daerah (PHD) atas nama Dewanti Retnanigntyas,” jelasnya.

Lebih lanjut ia melaporkan bahwa petugas Kloter 20 semua dari Kabupaten Temanggung, selain itu ada petugas perlindungan jamaah dari Wonosobo yang akan membersamai keberangkatan jemaah,

“Petugas kloter ada 5 dari Kabupaten Temanggung dan perlindungan jemaah dari Wonosobo yaitu 1 unit mobil mobil voorider, Pelayanan Kesehatan 1 unit ambulan, Supervisor 1 unit kendaraan, dan 3 orang petugas pendamping Jemaah dimasing – masing bus (1 orang ASN Kemenag, 1 orang Medis dan 1 orang KBIHU),” terangnya.

Sementara untuk armada kendaraan kloter 20 akan dibagi menjadi 4 bus. Bus 1 berisi romongan 5 sejumlah 11 orang, bus 2 berisi rombongan 6 sejumlah 45 orang, bus 3 berisi rombongan 7 sejumlah 45 orang, dan bus 4 berisi rombongan 8 sejumlah 45 orang.

Diperkirakan kloter 20 akan tiba di Asrama Haji Donohudan Solo pada pukul 19.00 WIB.(Ps-ws/Sua)