Kolaborasi dan Sinergi Gara Zawa Kemenag Kota Semarang Bersama LAZ Yatim Mandiri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Rakornas Zakat 2023 bertajuk Menguatkan Kolaborasi dan Sinergi Program Maslahat Keagamaan Umat yang digelar di Jakarta (18-20 Februari 2023) menghasilkan komitmen dan sinergi bersama antara Pemerintah, BAZNAS dan LAZ. Komitmen yang dikukuhkan dalam penutupan Rakornas Zakat tersebut meliputi kerjasama pendistribusian, pendayagunaan dana zakat, infak dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya pada program Bimas Islam Kementerian Agama.

Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Kota Semarang sebagai bagian dari pelaksana program Direktorat Pemberdayaan Zakat Wakaf Dirjen Bimas Islam Kemenag di tingkat Kota Semarang juga berkomitmen turut melakukan kolaborasi dan sinergi kelembagaan tersebut.

Cholidah Hanum Gara Zawa Kemenag Kota Semarang, Rabu (1/3/2023) menyampaikan, disamping telah bekerjasama dengan BAZNAS Kota Semarang yang antara lain dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama pihaknya juga telah melaksanakan kerjasama dengan LAZ Yatim Mandiri sejak tahun 2022.

“Guna optimalisasi program kemaslahatan umat, Kemenag Kota Semarang melalui Gara Zawa telah menyelaraskan program pendistribusian dan melakukan koordinasi implementasi pendistribusian zakat bersama LAZ Yatim Mandiri. Pada bulan Ramadan 1443H/2022 kami membantu mendistribusikan parcel lebaran kepada anak yatim siswa madrasah dan santri TPQ di bawah binaan Kemenag Kota Semarang. Kami juga mendistribusikan Bestari yaitu Beasiswa Yatim Mandiri kepada 10 anakĀ  yatim siswa Madrasah Ibtidaiyah Kota Semarang sebesar 7 juta rupiah pada awal pekan (27/2) lalu,” kata Hanum dari ruang kerjanya.

Dirinya menambahkan kolaborasi dan sinergi program Gara Zawa Kemenag Kota Semarang bersama BAZNAS dan LAZ merupakan langkah strategis dalam memperkuat manfaat zakat bagi masyarakat. Hanum berharap ke depan kolaborasi dan sinergi terus berjalan dan makin meningkat sehingga tujuan program masing-masing bisa optimal dan cakupan penerima manfaat zakat lebih luas dan tepat sasaran.(CH/bd)