Kompak! Pembimbing dan Peserta KSM Provinsi Ikuti Super Camp Hari Kedua

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara-Super Camp Kompetisi Sains Madrasah (KSM) provinsi hari kedua diikuti oleh Aisyah, siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara yang lolos KSM provinsi mata pelajaran IPS. Super Camp ini bertujuan untuk memberi bekal kepada para peserta berupa materi sesuai mata pelajaran masing-masing. Berbeda dengan hari pertama, hari kedua ini juga wajib diikuti oleh pembina KSM di madrasah masing-masing peserta.

Asih Wijayanti, pembimbing KSM IPS MTs Negeri 1 Banjarnegara mengatakan kali ini pembimbing juga ikut diuji. Rabu (1/9) sebelum super camp dimulai para pembimbing wajib mengerjakan soal pre-test terlebih dahulu.

“Bukan hanya kewajiban peserta saja dalam pretest super camp ini. Pembimbingnya juga ternyata ikut diuji juga. Nanti pembahasan soal pun pembimbing wajib ikut,” jelas Asih.

Aisyah dan Asih mengikuti super camp KSM Provinsi melalui zoom meeting di laboratorium komputer MTs Negeri 1 Banjarnegara. Meskipun Aisyah sudah belajar banyak latihan soal ternyata super camp ini juga membantunya dalam mengetahui soal-soal KSM Provinsi dari tahun ke tahun. Materinya juga sangat beragam mulai dari zaman prasejarah hingga fenomena sosial masa kini.

“Alhamdulillah sangat terbantu dengan super camp ini. Soal-soal di sini dibahas dengan gamblang jadi saya tercerahkan. Setelah super camp ini juga nanti saya lanjut belajar supaya lebih siap dalam KSM provinsi 11 September mendatang,” tutur Aisyah.

Pelaksanaan KSM provinsi yang kian dekat menuntun Aisyah untuk lebih siap. Masih ada beberapa hari untuk Aisyah lebih mempersiapkan diri dari segi fisik maupun materi. Aisyah harus menjaga kesehatan supaya maksimal dalam pelaksanaan KSM Provinsi. (Rin/ak/rf)