Kompakkan Wali Murid, MIN 3 Magelang Gelar Lomba Menghias Tumpeng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Kekompakan orang tua atau wali murid Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Magelang terlihat dalam lomba menghias tumpeng yang diadakan MIN 3 Magelang pada Kamis, (18/08/2022) di depan ruang kelas MIN 3 Magelang.

Lomba menghias tumpeng diikuti 17 kelompok yang terdiri dari 15 kelompok wali murid dari kelas 1 sampai dengan kelas 6, satu kelompok Komite MIN 3 Magelang dan satu kelompok Dharma Wanita MIN 3 Magelang. Lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam menyemarakkan HUT Ke 77 Kemerdekaan Indonesia.

Pembina Dharma Wanita Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Khotimah Panut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai juri lomba menghias tumpeng didampingi oleh Siti Zumrotul Mutmainah dari dharma wanita persatuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang serta komite madrasah, Pengawas Kecamatan Secang dan ketua PKK Kelurahan Secang daerah setempat.

Khotimah Panut melakukan penjurian dengan berkeliling setiap stand tumpeng dengan kriteria penilaian citarasa dalam range nilai 20-30 poin, tekstur dalam range nilai 20-30 poin dan kreatifitas dalam range nilai 20-40 poin.  Sedangkan untuk biaya ditanggung oleh masing-masing kelas secara gotong-royong dengan anggaran maksimal Rp. 150.000,- tidak boleh lebih. Rincian belanja serta bahan dan harga dipertanyakan dalam proses penjurian tersebut.

Selain lomba menghias tumpeng, ada lomba memindahkan alas menggunakan kardus khusus untuk wali murid. Sedangkan untuk guru ada lomba gerobak sodor dan volley guru. Lomba yang diperuntukkan siswa terdapat beberapa lomba diantaranya, BTQ, lomba mewarnai, egrang batok kelapa, bakiak, gerobak sodor, serta layang-layang. Rangkaian kegiatan ditutup dengan penampilan pentas seni serta pengumuman pemenang lomba.

Kegiatan menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke 77 diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 15 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 18 Agustus 2022 (Senin-Kamis). “Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia sekaligus membangun rasa percaya diri anak, memupuk cinta tanah air, mengasah kreatifitas dan tumbuh kembang anak, mendorong anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, melestarikan budaya daerah serta menjaga keharmonisan antar wali murid dan madrasah,” ungkap Masyitoh Aini, Kepala MIN 3 Magelang.

Khotimah Panut memberikan apresiasi kepada pihak MIN 3 Magelang yang menyelenggarakan kegiatan dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 77 secara meriah. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk dikembangkan, dimana selama pandemi tidak ada kegiatan tatap muka, semoga di tahun selanjutnya bisa terselenggara lagi,” kata Khotimah Panut.(FS/Sua)