Kota Semarang Pelajari KUB di Kota Batu melalui GKJW Pasamuwan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang, didampingi Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Semarang, sejak Kamis (8/12/2022) bertandang ke Jawa Timur untuk melakukan studi tiru di beberapa lokasi.

Studi komparasi tersebut diagendakan berlangsung selama 3 hari (8-10 Desember 2022).

Hari pertama, rombongan mengkaji ilmu KUB di FKUB Kota Mojokerto. Memasuki hari kedua (9/12/2022), tim pun bergeser ke Gereja Kristen Jawa (GKJW) Pasamuwan Batu Malang.

Di GKJW Pasamuwan Batu Malang, rombongan disambut oleh Pdt. Nunung, yang menjelaskan secara singkat sejarah GKJW dan bagaimana kegiatan beribadah di gereja yang dipimpinnya. Ia pun mengungkapkan apresiasinya atas kunjungan rombongan dari Kota Semarang.

KH. Mustam Aji selaku Ketua FKUB Kota Semarang, dalam sambutannya pun mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari GKJW Pasamuwan Batu Malang, “Maturnuwun sampun dipun tampi kanthi rumaket,” tuturnya.

Lokasi GKJW yang berdekatan dengan GKI dan klentheng, sungguh menarik perhatiannya, karena menurutnya hal ini mampu menggambarkan keharmonisan kehidupan beragama di daerah Batu. “Wontenipun vihara, grejo lan klentheng di lokasi yang berdekatan, merupakan wujud kerukunan umat beragama di Batu. Meski keyakinan berbeda, namung umat saged saweg saeko proyo lan rukun,” tuturnya.

Ia mengatakan, tertarik untuk mendapatkan tips dari GKJW, bagaimana KUB bisa tercipta sedemikian rupa di daerah Batu.

Melalui tanya jawab dan ramah tamah, baik tuan rumah maupun rombongan dari Kota Semarang saling mengemukakan hal-hal apa saja yang telah dilakukan guna mewujudkan KUB di daerahnya masing-masing, sehingga melalui audiensi ini, diperolehlah wawasan guna meningkatkan KUB di wilayahnya.

Tak hanya Ketua FKUB, Kepala Badan Kesbangpol dan Kasubbag TU Kankemenag Kota Semarang yang turut dalam rombongan, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan sambutannya.(Hanum/Dintha/NBA/bd)