Songsong pelaksanaan Program Adiwiyata, MIN 1 Adakan Praktek Perkebunan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 1 Rembang – MIN 1 Rembang telah mencanangkan program Adiwiyata pada tahun 2023. Sejumlah persiapan telah dilakukan mulai dari penganggaran, permohonan pendampingan pengawas madrasah, study tiru di MIN 2 Rembang, hingga membiasakan peserta didik untuk lebih peduli terhadap penghijauan.

Karena itu, pada Kams (8/12/2022) dua hari setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester, sejumlah siswa kelas 4 program Sains didampingi wali kelasnya mengadakan kegiatan belajar berkebun. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu perkebunan buah-buahan milik wali murid.

“Kebetulan wali murid kelas 4 program Sains ada yang mempunyai lahan perkebunan jeruk dan jambu kristal, yang letaknya hanya 2 km dari madrasah. Sehingga kami bekerja sama dengan wali murid tersebut untuk mengadakan pembelajaran di lapangan,” ujar Siti Mahmudah, wali kelas 4 program Sains.

Mahmudah menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah agar siswa bisa belajar bagaimana cara menanam serta merawat tanaman buah, sehingga mereka bisa menanamnya di lingkungan madrasah serta rumahnya masing-masing.

Sementara itu Kepala MIN 1 Rembang, H. Ahmad Fahimi, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut Fahimi, kegiatan ini bisa meningkatkan pembiasaan siswa untuk mencintai lingkungan serta minat untuk menanam tanaman produktif. Selain itu kegiatan ini juga sebagai wujud pengkondisian semangat siswa dalam menyongsong pelaksanaan program Adiwiyata di tahun 2023.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pembelajaran lapangan seperti ini, karena sangat bermanfaat bagi siswa. Saya ucapkan terima kasih kepada wali kelas yang telah berkenan merancang dan melaksanakan program ini. Juga kepada wali murid yang telah berkenan mendukung kegiatan ini,” ujar Fahimi.

Fahimi sangat bersyukur mempunyai wali murid yang sangat peduli terhadap pendidikan, sehingga berkenan memberikan ijin praktek dilahan miliknya. Kedepan Fahimi akan lebih mendorong para guru melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sejenis sebagai wujud pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dalam rangka penerapan P5-RA dalam Kurikulum Merdeka. – fahimi/iq/rf