KSM 2022 Tingkat Kabupaten Telah Usai, Seluruh Rangkaian Berjalan Sukses

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Kankemenag Kab. Wonosobo melalui seksi Pendidikan Madrasah (Penma) gelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang dilaksanakan di ruang Laboratorium MAN 1 Wonosobo, selama tiga hari berutut-turut yakni mulai tanggal 13 hingga 15 Agustus 2022 kemarin.

KSM 2022 diikuti oleh 522 siswa Madrasah, mencangkup jenjang MI, MTs, dan MA, dengan rincian 246 peserta jenjang MI, 185 peserta tingkat MTs, dan 91 peserta tingkat MA.

Adapun mata pelajaran yang di kompetisikan yakni jenjang MI mapel matematika dan IPA, jenjang MTs mapel Matematika, IPA dan IPS, jenjang MA mapel Matematika, Kimia, Geografi, Fisika, Ekonomi dan Biologi.  

Endah Arifudin selaku panitia pelaksanaan KSM sekaligus Staff pada Seksi Penma menyampaikan, pelaksanaan selama tiga hari, dimana setiap jenjang diberi waktu satu hari untuk mengikuti kompetisi tersebut. “Hari pertama yaitu hari Sabtu, itu untuk MA dibagi menjadi tiga sesi, hari minggu untuk MTs dibagi menjadi tiga sesi, dan Senin untuk MI, dibagi menjadi dua sesi,” katanya.

Ia menambahkan, dengan terlaksananya KSM pada tingkat MI menjadi penanda berakhirnya KSM tingkat Kabupaten di Wonosobo. “Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti, meski sebelum pelaksanaan, tepatnya saat sebelum simulasi dimulai sempat terjadi krodit. Namun selama pelaksanaan baik aplikasi dan jaringan semua lancar. Total ada empat lab dengan 123 komputer,” kata Arifudin.

Meski tidak ada kendala dalam hal sarana prasarana, namun ada beberapa peserta yang tidak dapat mengikuti KSM. “Jenjang MA ada 1 peserta pada mapel Geografi yang tidak hadir karena sakit, sementara jenjang MI ada tiga siswa yang tidak hadir karena sakit. Satu siswa mapel matematika dan dua siswa mapel IPA,” tandasnya.

Usai KSM berakhir, Kasi Penma, Totok Jumantoro, menyampaikan bahwa pengumuman peserta yang lolos KSM tingkat Kabupaten akan di umumkan pada hari Senin. “Nanti hari Senin, rencananya kami akan umumkan siapa yang menjadi juara satu, dua dan tiga di setiap mapel dan jenjang. Sekaligus, kami akan berikan hadiahnya pada hari yang sama bertempat di Kankemenag Kab. Wonosobo setelah Apel pegawai,” kata Totok.

Sementara itu, Ahmad Farid selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo, menyampaikan apresiasi kepada peserta dan panitia yang bertugas sehingga KSM berjalan dengan lancar. “Saya melihat bahwa pelaksanaan KSM tahun ini berjalan dengan baik. Anak-anak nyaman dan mampu mengerjakan soal dengan baik, serta menggunakan laptop dengan terampil. Ini semua tentu berkat keuletan dan ketlatenan dari para pendamping serta teknisi,” katanya.

Ia berharap kompetisi tingkat Kabupaten ini akan menjaring juara yang mumpuni dan akan mewakili Kabupaten Wonosobo dalam ajang KSM tingkat Provinsi. (Ps-ws/Sua)