KSM Lahirkan Generasi Muslim Berprestasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Mengawali kegiatan Kompetisi Sains Madrasah tahun 2023, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang membuka kegiatan KSM melalui Zoom Meeting pada hari Jumat (7/7). Pembukaan KSM dilaksanakan secara daring di masing-masing madrasah yang diikuti oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah beserta staf, Pengawas Madrasah, dan Kepala Madrasah se-Kabupaten Pemalang.
Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Roziqun berharap dari KSM akan melahirkan generasi muslim berprestasi dan kompeten yang akan berkontribusi untuk daya saing bangsa di masa depan, menjadikan madrasah Pemalang mandiri dan berprestasi.
“KSM tahun 2023 mengambil tema madrasah berprestasi membangun kemuliaan generasi. KSM merupakan ajang strategis dalam memotivasi siswa dan meningkatkan prestasi madrasah. Membangun kesadaran siswa untuk mendalami keilmuan dan teknologi, juga mengembangkan bakat minat agar lahir siswa madrasah yang kreatif dan inovatif,” katanya.
“Kami berharap KSM dapat melahirkan generasi muslim berprestasi dan kompeten yang akan berkontribusi untuk daya saing bangsa di masa depan, menjadikan madrasah Pemalang mandiri dan berprestasi. Selamat berkompetisi agar bisa menjadi juara tingkat provinsi bahkan tingkat nasional,” sambungnya.
Pelaksanaan KSM tahun 2023 nampaknya menarik minat peserta didik madrasah di Kabupaten Pemalang. Hal ini diketahui berdasarkan jumlah peserta yang telah mendaftar.
“Peserta KSM Kabupaten Pemalang tahun 2023 sejumlah 615 peserta yang mana mengalami kenaikan signifikan dibanding tahun sebelumnya, yaitu di tahun 2021 sejumlah 373 peserta, tahun 2022 sejumlah 509 peserta. Ini menjadi penyemangat agar meningkatkan daya saing di madrasah,” jabar Kasi Penma, Khabibur Rokhman saat menyampaikan laporan kegiatan.
Khabib juga berpesan kepada Kepala Madrasah untuk memantau pelaksanaan KSM serta pengawas ruang untuk mengawasi KSM dengan baik. Kepada anak-anak peserta KSM, ia berpesan agar tetap semangat dan terus belajar untuk meraih juara agar lolos ke tingkat provinsi.
KSM tahun 2023 tingkat Kabupaten Pemalang akan dilaksanakan mulai hari Sabtu (8/7) untuk jenjang MA, Ahad (9/7) jenjang MTs, dan Senin (10/7) jenjang MI. Peserta KSM mengikuti KSM secara daring dari madrasah masing-masing. (ifr/fi/rf)