KUA Kecamatan Semut Gandeng Puskesmas Adakan Vaksinasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Semarang Utara (Semut) gelar manasik bagi calon jamaah haji (calhaj) Kecamatan Semarang Utara, Timur dan Tengah, pada Minggu (22/5/2022) di Masjid Hasanudin yang berlokasi di Jalan Satria Raya Plombokan Semarang.

Dalam gelaran tersebut KUA menggandeng Puskesmas Bulu Lor dalam memberikan layanan kesehatan bagi calhaj.

“Ada yang berbeda dalam pelaksanaan manasik haji kali ini, yaitu adanya layanan vaksinasi yang tidak hanya diperuntukkan bagi calhaj, tetapi juga diperuntukkan bagi umum, khususnya masyarakat sekitar,” terang Mabrur Rohib Kepala KUA Kecamatan Semut.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan kegiatan vaksinasi pada kegiatan manasik haji merupakan salah satu upaya untuk memberikan kemudahan bagi calhaj yang belum melaksanakan vaksinasi. “Syarat jamaah haji yang berangkat tahun ini, salah satunya sudah tervaksinasi Covid-19 secara lengkap,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pemerintah Arab Saudi memberlakukan adanya batasan usia bagi calhaj tahun ini. “Mengingat masih dalam masa pandemi, maka tahun ini ada pembatasan usia jamaah haji, yaitu maksimal 65 tahun. Regulasi tersebut tentu bertujuan untuk kemaslahatan bersama, maka harus kita sikapi dengan arif dan bijaksana,” ujarnya.

“Semoga jamaah haji selalu diberikan kesehatan, diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan ibadah. Doa yang selalu kami panjatkan adalah segera berakhirnya pandemi Covid-19, sehingga ibadah haji bisa terlaksana seperti sebelumnya,” imbuhnya.(Mabrur/NBA/bd)