Kunjungan POLRI di MTs Negeri 1 Banjarnegara, Ajarkan Pentingnya Taati Aturan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Kiat menjadi warga negara yang baik bisa dicapai dengan beberapa cara. Seperti yang dijelaskan oleh Hartono, petugas dari Satlantas Polres Banjarnegara yang berkesempatan bertatap muka dengan siswa siswi MTs Negeri 1 Banjarnegara kelas 8 dan 9. Di tengah kesibukan para polisi ini mereka menyempatkan diri untuk sosialisasi operasi keselamatan lalu lintas candi 2023. Operasi ini berlangsung tanggal 7-20 Februari.

Di masjid Darul Ulum MTs Negeri 1 Banjarnegara siswa kelas 8 dan 9 menyimak penjelasan dari Hartono. Sebelum menyampaikan materi, Hartono menanyakan siapa saja yang berangkat sekolah mengendarai sepeda motor sendiri. Beberapa siswa mengangkat jari menandakan mereka berani mengakui meski kendaraan dititipkan. Siswa yang masih di usia MTs belum diperkenankan membawa kendaraan sendiri Senin (20/2) Hartono menyampaikan beberapa hal yang wajib ditaati oleh pengendara sepeda motor. Ini berlaku untuk semua pengendara.

“Prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas antara lain menggunakan hp saat berkendara, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan helm ber-SNI, melanggar rambu lalu lintas, tidak menggunakan safety belt bagi pengendara mobil, dan lain sebagainya. Mulai sekarang kami imbau kepada siswa siswi MTs Negeri 1 Banjarnegara jika berangkat sekolah diantar saja, tidak membawa kendaraan sendiri,” ujar Hartono.

Maraknya kecelakaan yang diakibatkan karena tidak mematuhi aturan menurut Hartono bisa dijadikan pengalaman. Guru terbaik adalah pengalaman. Beberapa kasus kecelakaan juga dialami oleh pengendara yang masih di bawah umur dan tidak menaati peraturan berlalu lintas yang baik dan benar. Harapannya pengalaman itu bisa menjadi kewaspadaan bagi semua, terutama siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara. (rin/ak/rf)