Latih Kedisiplinan Siswa Melalui PBB, LDKS MTsN 3 Banjarnegara Hadirkan Koramil Rakit

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Dalam Rangka mencetak para pemimpin yang berkualitas demi masa depan bangsa, MTsN 3 Banjarnegara menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dilaksanakan di aula indoor madrasah dengan 105 siswa sebagai peserta. Dalam kegiatan tersebut MTsN 3 Banjarnegara menghadirkan Pihak Koramil Rakit guna mengisi materi PBB, Sabtu (18/02).

Natir, selaku Kepala MTsN 3 Banjarnegara menyampaikan alasannya menghadirkan Koramil Rakit guna mengisi materi PBB agar para siswa memiliki sikap disiplin yang baik.

“Dalam rangka membentuk sikap dan jiwa disiplin pada siswa kami menghadirkan Pihak Koramil Rakit dengan harapan para siswa memiliki jiwa disiplin, disiplin terhadap waktu, kerapian, kekompakan, dan tanggung jawab sehingga pada akhirnya para siswa bisa terbentuk karakternya dengan baik,” ungkapnya.

Edi Sarwono, selaku perwakilan dari koramil menyampaikan pentingnya latihan PBB. “Ada banyak latihan PBB diantaranya; pertama, menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas, rasa disiplin, serta tanggung jawab. Kedua, dengan sehat jasmani dapat menjalankan berbagai tugas pokok dengan sempurna. Ketiga, menumbuhkan rasa persatuan, empat, menumbuhkan sikap disiplin, dan kelima menumbuhkan rasa tanggung jawab,” terangnya.

Lanjutnya, Edi Sarwono menyampaikan manfaat dari PBB setidaknya ada 4 diantaranya ialah;

  1. Diantara manfaat latihan PBB diantaranya; menumbuhkan rasa disiplin karena peserta harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan.
  2. Menumbuhkan rasa kebersamaan antar peserta karena secara tidak langsung mereka dilatih untuk bekerja sama dalam mengikuti dan menjalankan aba-aba.
  3. Meningkatkan daya konsentrasi karena dalam baris berbaris setiap peserta dituntut memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi untuk mendengarkan setiap instruksi yang diberikan sehingga bergerak sesuai dengan aba-abanya.
  4. Melatih solidaritas dan rasa setia kawan di antara para peserta baris berbaris.

Roy Palevi, selaku peserta LDKS menyampaikan rasa senangnya dilatih PBB oleh TNI sehingga menjadikan kami lebih disiplin.

“Senang rasanya dilatih PBB langsung oleh Bapak TNI, dimana kita jadi lebih disiplin dan memahami aba-aba dengan baik. Selain itu menjadikan kita agar selalu berpenampilan rapi dan menghargai waktu,” ungkapnya (ar/rf).