Kunjungan Presiden Indonesia di Bumi Perkemahan Jambore Nasional, Dzulfikar: Suatu Kebanggan bagi Kami

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Dzulfikar Syarifudin Ma’ruf, siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara yang bergabung dalam kontingen Banjarnegara dalam jambore nasional ke-11 tahun 2022. Kegiatan jambore nasional ini diadakan di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur. Kegiatan ini diikuti 10.000 peserta penggalang garuda se-Indonesia. Suatu kebanggaan bagi Dzulfikar dan tim karena pada Jumat (19/8) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berkunjung ke lokasi jambore nasional untuk menyaksikan secara langsung kegiatan para peserta jambore.

Joko Widodo berkeliling menyaksikan kegiatan peserta jambore nasional di antaranya belajar membatik, demo akustik dari adik pramuka berkebutuhan khusus, petualangan air, flying fox dari menara bambu yang dibuat para peserta jambore termasuk Dzulfikar. Mengutip dari kanal Youtube sekretariat presiden, Joko Widodo mengatakan bahwa kegiatan di jambore nasional ini makin beragam.

“Saya tadi ingin melihat kegiatan-kegiatan di jamnas. Sekarang kegiatannya tidak seperti dulu, biasanya kan di alam dan jelajah alam. Sekarang kegiatannya sudah bermacam-macam seperti yang berkaitan dengan sampah plastik, panjat tebing, pengenalan membuat batik. Anak-anak sudah dikenalkan dengan teknologi, dengan digital, cara membuat website. Saya kira kegiatannya sangat beragam. Keterampilan ada, teknologi ada, alam ada, budaya ada, sangat bagus,” tutur Joko Widodo.

Setelah acara pembukaan jambore nasional kemarin tidak dihadiri Joko Widodo, kali ini kunjungan beliau merupakan kejutan bagi para peserta jambore nasional. Dzulfikar mengatakan tidak menyangka bisa bertemu langsung dengan orang nomor satu di Indonesia.

“Sungguh suatu kebanggaan bagi kami bisa dikunjungi oleh Pak Presiden, Pak Joko Widodo. Kemarin saya sedang persiapan kegiatan flying fox dari menara bambu yang dibuat oleh peserta jamnas. Akhirnya bisa melihat Pak Jokowi secara langsung, biasanya hanya di TV saja,” ujar Dzulfikar.

Ketua penyelenggara jambore nasional ke-11, Budi Prayitno juga mengatakan bahwa semoga kedatangan Joko Widodo ke Buperta Cibubur ini bisa memotivasi para peserta jambore nasional.

“Kehadiran presiden memberikan semangat dan motivasi terutama untuk adik-adik penggalang. Semoga mereka menjadi anggota masyarakat yang baik, warga negara yang baik untuk bisa menjadi pemimpin masa depan yang baik,” pungkas Budi Prayitno (Rin/ak/rf)