Kurban, Pembentukan Karakter Peduli Sesama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Samarang (Humas) – Selasa (18/6/2024), SMP PGRI 1 Semarang mengadakan kegiatan penyembelihan hewan kurban.

Menurut Kepala Sekolah, Wiwik Widayati, kegiatan ini bukan sekedar rutinitas tahunan, melainkan simbol dari semangat berbagi dan kepedulian terhadap sesama. “Setiap tahun, kami menyambut momen ini dengan penuh kegembiraan. Ini adalah pelajaran berharga bagi siswa tentang pentingnya berbagi rejeki dengan mereka yang membutuhkan,” ungkapnya.

Suasana pagi ini terasa istimewa dengan kehadiran para siswa yang penuh antusiasme membantu proses penyembelihan sebagai perwujudan semangat gotong royong yang membanggakan. Momen ini juga menjadi kesempatan untuk mengajarkan kepada mereka tentang proses kurban dan makna di baliknya yakni, kurban bukan hanya tentang menyembelih/mengorbankan hewan, tetapi lebih dari itu, kurban memiliki makna pengorbanan diri untuk kebaikan bersama.

Di tempat terpisah, Pengawas PAI Kemenag Kota Semarang, H.M. Faojin memberikan apresiasi atas terleselenggaranya kegiatan tersebut. Ia mengatakan, hal ini dapat menjadi sarana pembentukan karakter siswa yang senang berbagi terhadap sesama. “Inti kurban tidak hanya meningkatkan keimanan dan ketakwaan seorang hamba kepada Tuhannya, tetapi juga melatih kepekaan sosial atau kepedulian terhadap sesama,” tuturnya.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya meningkatkan rasa syukur kita, tetapi juga memperkuat tali persaudaraan diantara kita semua,” pungkasnya.(Wiwik/Faojin/Nba)