Latihan Perdana DWP Kankemenag Kota Semarang Bawakan Lagu Gethuk

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang-Rabu (8/6/2022) tim paduan suara Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang kembali berlatih, setelah vakum selama 2 minggu.

Sriyati salah satu pengurus DWP Kankemenag Kota Semarang sekaligus coordinator tim padus menuturkan pengaktifan kembali latihan sebagai tindak lanjut atas dinhyatakannya DWP Kankemenag Kota Semarang sebagai salah satu Unsur Pelaksana (UP) yang dinyatakan lolos masuk babak final yang akan dilaksanakan pada 14 Juni mendatang.

“Alhamdulillah, kami lolos pada babak semi final, dan akan masuk ke babak final. Dalam babak final, peserta diminta untuk membawakan tambahan 1 lagu pilihan selain jingle DWP Kota Semarang,” ujar Sriyati.

“Oleh karenanya, kami lakukan kembali latihan untuk mempersiapkan lagu pilihan tersebut. Ada 3 lagu pilihan yang ditentukan oleh panitia, yaitu Gambang Semarang, Gado-gado, dan Gethuk. Kebetulan tim kami memilih Gethuk sebagai lagu pilihan,” terangnya.

Latihan kali ini dilaksanakan di aula Kankemenag Kota Semarang, dan diikuti oleh 7 anggota, yaitu Andina Kartika Sari, Nova Budi aristin, dan Munjiyati pada suara alto, serta Tri Ginarni, Pudjiati, Darmini dan Risna Afiat Damayanti pada suara sopran.

Masih dalam arahan Darpitoyo, tim padus berlatih dengan penuh semangat. “Tolong perhatikan pengambilan nada, baik untuk alto maupun sopran,” ujar Darpitoyo.

“Lagu Gethuk, saya aransemen ulang, sehingga ada beberapa titik perbedaan yang perlu diperhatikan oleh ibu-ibu,” pesannya.

“Meskipun alto, bukan berarti yang dipakai nada rendah ya,” imbuhnya.

Munjiyati menuturkan lagu Gethuk yang diaransemen ulang oleh Darpitoyo cukup sulit. “Biasanya lagu Gethuk yang kita dengar tidak begini, jadi perlu konsentrasi betul terutama pada ketepatan pengambilan suara sesuai dengan tangga nada,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Nova, akan tetapi menurutnya ini dikarenakan masih latihan pertama.

Antusiasme dari tim padus begitu kentara. Mereka pun bersemangat untuk mengimbau kepada Darpitoyo agar bisa melatih setiap hari, termasuk pada hari Sabtu.

“Semoga latihan besok jauh lebih baik nggih Bu,” ujar Andina.

Di akhir latihan, Darpitoyo memberikan motivasi kepada tim padus DWP Kankemenag Kota Semarang. “Kalau sudah hafal dan paham nadanya, aransemen ulang ini sangat mudah kok. Besok jangan lupa, latihannya tepat waktu ya Ibu-ibu, supaya bisa lebih efektif,” pungkasnya menutup latihan.(Tina/NBA/rf)