LDK Matsamara, Merumuskan Pemimpin Yang Sukses Dunia akhirat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Ma’arif Mandiraja (matsamara) diawal semester gasal tahun pelajaran 2022-2023 mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan organisasi pengurus kelas dengan tujuan untuk menciptakan kader-kader pemimpin yang hebat dan bermartabat.

LDK ini dilaksanakan di Madrasah selama dua hari berturut-turut pada hari senin dan selasa pekan ini diikuti oleh semua pengurus OSIM dan pengurus kelas serta dinarasumberi oleh komite Madrasah, Kepala Madrasah, dewan guru serta petugas Puskesmas 1 dan Polsek Mandiraja,Selasa, (23/8)

Komite Madrasah Drs. Cholid sekaligus narasumber dalam LDK mengatakan, jadilah pemimpin yang bertanggungjawab. Setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah SWT. Umur kita untuk apa, tubuhnya untuk apa, harta kita datangnya dari mana, amal kita apakah ilmu kita diamalkan dan mengamalkan ilmu kita dan sebagainya. Karena itu jadilah manusia/pemimpin yang bertanggungjawab.

Beliau menjelaskan keutamaan manusia dibumi. “Sesuai surah Baqarah ayat 30, manusia diciptakan dibumi sebagai pemimpin. Karena itu paling tidak jangan sampai menjadi manusia/pemimpin yang merugi. Dijelaskan dalam surah Al-‘Asr manusia yang tidak rugi diantaranya; orang yang beriman, orang yang beramal Shalih, orang yang memberikan wasiat dengan benar, orang yang memberikan wasiat dengan sabar. Jika 4 hal tersebut dimiliki oleh seorang pemimpin maka akan selamat dan sukses di dunia dan akhirat,” ungkapnya.

“Beriman dan berilmu merupakan salah satu kunci menjadi pemimpin yang sukses, demi kejayaan agama dan bangsa,” pungkasnya.

Kepala Madrasah Dra. Barokatumminalloh mengatakan, latihan dasar kepemimpinan untuk siswa-siswi MTs Ma’arif Mandiraja OSIM dan beberapa pengurus kelas untuk mempersiapkan calon pemimpin yang hebat diikuti dengan serius dan semangat. Hari ini calon pemuda hari esok calon pemimpin, pemuda harapan bangsa, pemuda penerus bangsa. Mudah-mudahan bermanfaat untuk siswa-siswi untuk pendidikan di Madrasah ini dan diharapkan menjadi kader yang positif berguna bagi Madrasah, Agama dan bangsa.

Beliau juga menjelaskan tujuan kegiatan tersebut. “Kegiatan ini bermaksud untuk mendorong siswa-siswi khususnya OSIM dan beberapa pengurus kelas untuk mampu berprestasi, diharapkan semuanya mampu berprestasi menjadi pemimpin yang hebat, pemimpin yang mampu membuat kebijakan yang bijak, serta pemimpin yang cinta tanah air,” tambahnya.

Sementara itu ketua OSIM Keisya Kumairoh Azahra mengatakan, kegiatan LDK ini membuat pengurus OSIM menjadi mandiri, bertanggungjawab dan siap dalam keadaan apapun, memanajemen waktu dengan tepat, disiplin serta membangun solidaritas tinggi antar pengurus OSIM dan peduli terhadap lingkungan.

“Dari LDK ini kami dapat menjadi pemimpin yang baik dimasa depan. Dari LDK pula terjalin silaturahmi dan kekompakan sesama anggota,” pungkasnya. (jm/ak/rf)