Madtsansa Siapkan Rapor Digital Madrasah, Yuniyati: Laporan hasil Belajar Harus Sesuai Prinsip Asesmen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Rapor Digital Madrasah adalah aplikasi pengolahan dan pelaporan hasil belajar siswa yang dikembangkan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Pada Tahun Ajaran 2022/2023 ini, aplikasi RDM terus mengupdate fiturnya untuk menyesuaikan dengan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

MTs Negeri 1 Banjarnegara yang sudah melaksanakan kurikulum merdeka secara mandiri tentu melakukan update RDM ke versi terbaru yang di dalamnya terdapat pilihan kurikulum (Kumer dan K13) serta solusi jika terjadi permasalahan setelah update RDM Kurikulum Merdeka.

Yuniyati, wakil kepala urusan kurikulum MTs Negeri 1 Banjarnegara menerangkan bahwa MTs Negeri 1 Banjarnegara di Tahun Ajaran 2022/2023 ini menerapkan kurikulum merdeka bagi peserta didik kelas VII dan kurikulum K-13 untuk peserta didik kelas VIII dan IX.

“Karena kita menerapkan dua kurikulum, maka kita harus mengakomodir kebutuhan keduanya. Untuk RDM kelas VIII dan IX insya Allah sudah tidak ada permasalahan, jadi Ibu Bapak guru dapat langsung mendownlod template untuk kemudian di upload kembali ke aplikasi RDM.” terang Yuniyati,Rabu, (7/12).

“Sementara untuk RDM kurikulum merdeka, kita memang masih menunggu rilis update dari tim teknis subdit Kurev KSKK. Intinya, sebagaimana diuraikan pada prinsip asesmen bahwa laporan hasil belajar hendaknya bersifat sederhana dan informatif. Artinya, laporan hasil belajar tersebut harus dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut bagi pendidik, satuan pendidikan dan orang tua untuk mendukung capaian pembelajaran,” sambung Yuniyati yang ditemui tim warta Madtsansa di ruangannya.

Adapun menurut Ja’far Ali Pramudya salah satu admin RDM MTs Negeri 1 Banjarnegara melaporkan bahwa RDM sudah siap digunakan.

“Kita selalu memantau dan menindaklanjuti informasi yang dishare di grup tim teknis subdit kurev KSKK. Sejauh ini tinggal menunggu rilis update terbaru untuk kelas VII. Tapi, jikapun Ibu Bapak guru akan mendownlod template untuk kemudian diisikan nilai sebenarnya tidak apa. Nanti jika update RDM muncul, bisa dipindahkan ke template terbaru. Insya Allah akan lebih cepat,” jelas Ja’far Ali Pramudya. (lin/rf)