Siswa MTs Ma’arif NU 01 Susukan Cek Golongan Darah Bersama Puskesmas Kecamatan Susukan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Susukan 1 melakukan pemeriksaan golongan darah pada siswa kelas VII, VIII dan IX. Rabu (7/12/2022) di Aula lantai satu MTs Ma’arif NU 01 Susukan. Didampingi Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Marliyah dan Khamim Hidayat pemeriksaan dilakukan oleh sembilan orang perawat dari UPT Puskesmas Susukan 1.

Menurut petugas Puskesmas Susukan 1, Siti Ma’ripah, pemeriksaan golongan darah tersebut merupakan salah satu program dari pihak Puskesmas Susukan 1 yang bekerja sama dengan MTs Ma’arif NU 01 Susukan. “Tujuan diadakan kegiatan ini untuk mengetahui golongan darah pada masing-masing siswa yang sudah menginjak remaja,” katanya.

Pemeriksaan golongan darah hanya bagi siswa yang belum tahu, kalau sudah pernah periksa golongan darah sebelumnya cukup melampirkan bukti pemeriksaan.

“Untuk mengetahui golongan darah A dan B terlebih dulu kami siapkan cairan A dan B yang sudah tersedia, kemudian darah yang sudah diambil dibagi 2 dan masing- masing dicecerkan dengan cairan A dan B, apabila darah tersebut menggumpal keduanya, maka darahnya AB tapi kalau menggumpal hanya pada bagian yang diceceri A maka darahnya A,” jelasnya.

Salah seorang siswa bernama  Hamid Prawira yang memeriksa golongan darah tersebut mengaku penasaran dengan golongan darahnya, walaupun sedikit tengang dan gugup. “Banyak yang bilang saat disuntik sakit luar biasa, namun saat saya mengalami sendiri sakitnya hanya seperti gigitan nyamuk,” katanya.

Ditambahkan Hamid Prawira, dirinya sekarang mengetahui golongan darahnya. “Golongan darah saya ternyata AB,” ucapnya. (nt/tys/rf)