Malam Ta’aruf KSM Nasional 2022, Kakanwil Berikan Support dan Motivasi Untuk Kontingen Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Pengarahan oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad dan Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. Jateng Saifulloh

Jakarta (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad didampingi Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad) Saifulloh gelar Malam Ta’aruf bersama Kontingen Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan MYRES Tahun 2022 di Gedung C Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Minggu (9/10).

Para peserta sangat antusias dan serius mendengarkan arahan dari Kakanwil. Ia meminta para kontingen Jateng dapat menjaga kerukunan dan menjalin relasi antar sesama kontingen.

“Salah satu keunggulan manusia itu adalah potensi akal. Maka lewat pendidikan madrasah kemapuan akal ini dibina, dibimbing, dilatih oleh para guru agar karunia akal ini memberi kemanfaatan semaksimal mungkin untuk kehidupan dilingkungan masyarakat,” ungkapnya.

“Dengan akal kita diajarkan untuk belajar pengetahuan khususnya agama. Semua agama mengajarkan kebaikan, tidak memandang suku dan rasnya. Saya berharap para kontingen dapat menjalin persaudaran, relasi antar sesama, siapa tau dimasa yang akan datang diantara kalian menjadi orang besar seperti presiden, menteri, ulama ataupun pejabat lainnya, maka ketika dipertemukan kembali dengan tujuan yang sama yaitu menjaga Indonesia kalian sudah saling mengenal. Kalian ini sedang diadu dalam kompetisi bukan sedang melawan, tapi kalian itu sedang membandingkan ilmu yang telah didapat agar nantinya bisa dikembangkan lagi, saling belajar,” pesannya.

Sejalan dengan Kakanwil,  Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jateng Saifulloh juga berpesan untuk selalu menjaga kesehatan, disiplin, mandiri dan peduli dengan lingkungan.

Sebelumnya, para peserta sudah melakukan berbagai tahapan seperti lomba di tingkat daerah dan provinsi. Kemampun yang dimiliki sangat luar biasa, sehingga bisa melambung ke kancah nasional.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Ketua Tim Kurikulum dan Kesiswaan Penmad Kanwil Kemenag Prov. Jateng Juair, Ketua Tim Umum dan Humas Kanwil Kemenag Prov. Jateng Dony Aldise Harahap, Ketua DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng Linda Musta’in serta para pendamping kontingen.

Pelaksanaan KSM dan MYRES Tahun 2022

KSM dan MYRES Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 10 -14 Oktober 2022 di DKI Jakarta dengan mengusung tema “Mandiri Berprestasi, Bangkitkan Negeri”. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut sebagai sarana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dibidang sains, sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah.

Sebanyak 11 peserta dari Jateng mengikuti KSM dengan tingkatan pendidikan yang berbeda. Adapun bidang lomba yang digelar yaitu tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) meliputi Matematika Terintegritasi, Sains IPA Terintegritasi; tingkat Tsanawiyah (MTs) meliputi  Matematika Terintegritasi, IPA Terpadu Terintegritasi, IPS Terpadu Terintegritas; Madrasah Aliyah (MA) meliputi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, Geografi Terintegrasi.  

Sedangkan  MYRES diikuti oleh 7 madrasah yaitu MAN 1 Kudus, MAN IC Pekalongan, MAN 1 Pati, MAN Batang, MTsN 2 Sukoharjo, MAN 1 Magelang, MTs NU Banat Kudus dengan bidang lomba meliputi Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (MST), Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH), Ilmu Keagamaan untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). (D/Rf)