Malfa Xavierra A.M. Juara 1 Singer Dalam Perhelatan PORSENI Tingkat Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) MTs Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023 dimulai pada Senin sampai Rabu, 15-17 Mei 2023 yang digelar di Magelang. Porseni MTs Tingkat Jawa Tengah merupakan kegiatan rutin dua tahunan yang diselenggarakan oleh Bidang Penmad Kanwil Kemenag Provinsi jawa Tengah. Kontingen Porseni dari Kota Semarang berangkat hari Ahad siang (14/5/2023) dan sampai Magelang pada malam hari. Dalam kesempatan tersebut, Kakankemenag Kota Semarang, H. Ahmad Farid memberikan pengarahan dan melepas kontingen serta official Porseni MTs Kota Semarang di halaman MTs Negeri 1 Kota Semarang.

Adapun arahan Kakankemenag Kota Semarang diantaranya untuk sportivitas dalam bertanding, berikhtiar semaksimal mungkin disetiap pertandingan dan hasil akhir diserahkan kepada Allah Swt. Jika pun menang itu merupakan bonus dan yang paling penting porseni sebagai ajang silaturahmi.

Dalam ajang Porseni MTs Tingkat Jawa Tengah diikuti sebanyak 35 kontingen dari kabupaten/kota di Jawa Tengah. Peserta didik yang berasal dari MTs Negeri 1 Kota Semarang berhasil memperoleh medali emas cabang singer, yaitu Malfa Xavierra A. M. dari kontingen Kota Semarang

Perlombaan menyanyi diadakan pada Senin siang 15 Mei 2023. Dalam babak penyisihan tersebut, Malfa Xavierra A. M. mendapat undian nomor satu sehingga maju pertama kali. Lagu yang dibawakannya berjudul “Doaku Harapanku” dari Kris Dayanti yang menghantarkannya masuk sepuluh besar. Di babak final yang digelar pada malam harinya, Malfa Xavierra A. M. membawakan lagu lain yang berbeda pada babak penyisihan. Lagu yang berjudul Takkan Berpaling Dari-Mu dari Rossa dinyanyikan dengan merdu pada babak final. Pada babak ini, Malfa mendapat urutan nomor sembilan.

Malfa Xavierra A. M. menceritakan pengalamannya maju dibabak final bahwa dirinya semula grogi dan merasa kurang percaya diri. Kemungkinan groginya disebabkan oleh suasan malam yang dingin nan sejuk dan telah melihat penampilan kontingen yang lainnya, tetapi hal itu tidak berlangsung lama karena kontrol diri dan rasa percaya dirinya kembali.

“Alhamdulillah atas nikmat yang diberikan Allah Swt. atas kemenangan yang saya raih dalam Porseni MTs Tingkat Jawa Tengan. Kemenangan ini tidak lepas dari doa, bimbingan, arahan dan dukungan dari pelatih, orang tua, madrasah, dan kontingen serta official dari Kota Semarang,” kata Malfa Xavierra A. M. disela-sela aktivitasnya di kelas. Adapun juara dari Kontingen Kabupaten Demak (Alyssa Zahsy Elmirasafara, dan juara 3 bernama Aqila Haris dari Kontingen Kabupaten Klaten.

Malfa berharap dapat mengembangkan bakatnya di dunia seni suara. Semoga keberhasilannya dapat bermanfaat bagi diri dan orang lain serta dapat menjadi inspirasi untuk tetap semangat dan optimis dalam segala kejuaraan. “Saya senang sekali mendapat juara 1 sebagai sumbangan prestasi menyanyi di ajan PORSENI ini, semoga dapat bermanfaat dan semakin memberikan semangat mengembangkan bakat di bidang tarik suara,” tukas Malfa.

Kemenangannya ini tidak lepas dari Agus Trisnoto selaku guru seni dan pembimbing yang selalu memberikan motivasi dan arahannya tentang teknik dan vokal menyanyi. “Saya juga ikut bangga dan senang karena anak didik saya dapat meraih juara 1. Saya berharap kemenangan ini dapat menjadi pemacu Malfa untuk tekun dan giat berlatih. Semoga rasa percaya diri dan kontrol dirinya dapat terus meningkat sehingga tidak akan lagi grogi dalam perlombaan,” ujar Agus Trisnoto sewaktu ditemui di ruang musik.

Kasturi, selaku kepala MTs Negeri 1 Kota Semarang juga merasakan bangga karena Malfa Xavierra A. M. merupakan satu-satunya peserta yang dapat menyumbangkan medali emas bagi kontingen MTs Kota Semarang. Dengan diraihnya juara 1 di cabang singer maka Kontingen MTs Kota Semarang pulang tidak dengan tangan kosong. Beliau juga mengapresiasi peserta lainnya dari kontingen MTs Negeri 1 Kota Semarang karena telah semaksimal mungkin berjuang di setiap cabang perlombaan. Semoga pada kesempatan mendatang semakin banyak kejuaraan yang diraih oleh kontingan MTs Kota Semarang. (Humas Emtsessa/bd)