MAN Pekalongan Selenggarakan Upacara Hari Pahlawan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- – Jumat (10/11/22) Civitas akademika MAN Pekalongan menyelenggarakan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 yang mengusung tema “Pahlawanku Teladanku”. Upacara Hari Pahlawan diikuti peserta didik kelas X, XI, XII dan guru serta pegawai. Upacara dipimpin Supriyanto, M.Pd selaku inspektur upacara pukul 07.00 – 08.00 WIB di lapangan.

Upacara peringatan Hari Pahlawan berjalan khidmat. Tampak peserta didik dengan seragam kotak hijau-putih berjajar rapi. Guru dan pegawai mengenakan seragam aneka batik kebanggaan negeri. Rangkaian urutan acara upacara disampaikan secara runtut. Peserta larut dalam upacara peringatan Hari Pahlawan.

Pada peringatan Hari Pahlawan dibacakan pesan-pesan para Pahlawan Nasional. Beberapa pesan Pahlawan yang perlu direnungkan untuk diteladani. Ki Hajar Dewantara menyampaikan ing madya mangun karsa, ing ngarso sung tulodho dan tut wuri handayani Bung Karno mengingatkan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawan.

Pada kesempatan Upacara Hari Pahlawan ke-77 dibacakan sambutan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini. Seluruh peserta mendengarkan sambutan menteri yang dibacakan Supriyanto, M.Pd dengan cermat dan saksama.

Peringatan Hari Pahlawan diharapkan memberikan energi untuk menggugah kesadaran elemen bangsa untuk bersatu dan membantu sesama. Momentum memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta saling menghargai. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dst. Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah kehidupan.

Di penghujung acara lagu” Gugur Bunga”, “Padamu Negeri”, dan “Syukur” dipandu dirigen digelorakan bersama para peserta upacara. Lantunan lagu ini mengingatkan perjuangan para pahlawan, ungkapan rasa syukur dan memompa semangat menyatukan tekad menjaga persatuan dan kesatuan. Dirgahayu Hari Pahlawan ke-77. Pahlawanku Teladanku. (MC-NA/MTb/bd)