Manasik Haji RA se-Brebes Harapkan Tertanam dan Mengakar pada Anak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Dalam rangka memberikan pengetahuan dan pembelajaran terkait rangkaian ibadah Haji kepada anak usia dini maka PD IGRA Kemenag Kabupaten Brebes menggelar kegiatan Peragaan dan Bimbingan Manasik RA Se-Kabupaten Brebes Tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Islamic Centre Brebes.

Kegiatan  ini terbagi dalam tiga geleombang yang berlangsung selama tiga  hari, mulai tanggal 13-15/02/2022. Gelombang pertama di hari pertama sebanyak 2000-an anak mengikuti manasik haji yang berasal dari RA yang ada di 4 kecamatan yaitu Kec. Brebes, Paguyangan, Wanasari dan Larangan. Gelombang dua dilaksanakan pada Selasa  yang diikuti oleh 3000-an anak dari 7 kecamatan   dan gelombang ketiga dilaksanakan pada hari rabunya, yang diikuti oleh 2500-an dari 6 kecamatan.

Pada pembukaan kegiatan dihadiri oleh PJ. Bupati Brebes. H. Urip Syihabudin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin, Kabbag Kesra Pemda Brebes M. Syaikhu, Kasib Pendiidkan madarasah dan  Pengawas Madrasah  serta undangan lainya.

Urip Syihabudin mengapresiasi kegiatan tersebut. “Manasik itu untuk mengenal haji lebih dini. Selain itu, menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat, serta memberi pendidikan dengan contoh nyata agar anak lebih tahu dan mengerti bahwa ibadah Haji merupakan rukum islam kelima dipahami oleh anak-anak, sehingga semakin menguatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Ketua IGRA KKRA (Ikatan Guru Raudlotul Athfal) Hj. Rohayati mengatakan, “Kegiatan manasik haji ini diikuti oleh lebih dari 7000 anak perwakilan dari RA se-Kab. Brebes. Adapun tujuan diadakannya mengenalkan ke anak-anak usia dini tentang rukun Islam yang kelima, yaitu menanamkan keimanan dan ketakwaan di dalam hati setiap anak. “Tujuan lainnya, mudah-mudahan nanti ketika mereka beranjak dewasa dan mempunyai rejeki yang berkecukupan, bisa melaksanakan ibadah ke tanah suci dengan menunaikan rukun Islam yang kelima,” papar bunda Iroh, begitu beliau kerap disapa.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin meberikan dua jempol atas kegiatan manasik kolosal haji untuk anak usia dini RA tersebut. “Saya tasnama Kepala dan keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, sangat berterima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam menyukseskan kegiatan manasik haji bagi anak-anak yang masih duduk di RA dilingkungan Kemenag Kabupaten Brebes,” ujar laki-laki yang pernah menjalankan tugas sebagai ketua kloter.

Beliau menambahkan, pelaksanaan manasik haji ini diharapkan para peserta didik mampu mengaplikasikan kegiatan manasik haji, agar ke depan menjadi insan yang bertakwa. “Dengan adanya pendidikan manasik haji bagi anak-anak ini, tidak hanya diajarkan tentang tata cara pelaksanaan haji, tapi makna dari semua itu yakni menanamkan kepada jiwa mereka tentang nilai-nilai tauhid dan syariat,” imbuhnya.(hid/Sua).