Market Day MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Rabu (14/12/2022) MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan menggelar Market Day yang diberi tajuk Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur dan Kreativitas Berniaga.

Tema tersebut dipilih dengan tujuan mengenalkan semangat berwirausaha peserta didik sejak dini, serta mengembangkan kreativitas anak. “Enterpreneurship harus diperkenalkan kepada anak sejak dini, karena akan melatih mental yang tangguh, berani, pantang menyerah, dan optimis. Kami mencoba mengembangkan jiwa enterpreneur peserta didik melalui Market Day,” tutur Kepala Madrasah, Nurul Qomariyah.

“Disini, mereka kami beri kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya. Mau berjualan apa, atau menawarkan jasa apa, kami beri kebebasan. Kami beri ruang bagi mereka untuk mengembangkan semangat kewirausahaannya. Kami latih mereka untuk menjadi pribadi yang mandiri dan berani menerima tantangan. Selain itu, enterpreneurship juga melatih anak bertanggung jawab, bersosialisasi dan berwirausaha yang sesungguhnya,” terangnya.

Kegiatan tersebut digelar di halaman madrasah.

Dalam market day kali ini, para siswa menjajakan makanan dan minuman olahan wali murid. “Syarat makanan dan minuman yang dijajakan tidaklah berpengawet, dan menggunakan bahan yang halal serta aman bagi kesehatan,” ungkap Nurul.

Ia bersyukur, program kegiatan yang digelar rutin setiap tahun tersebut, mendapat respon positif dan support dari orang tua siswa.

Ia menuturkan pula, dalam melakukan aktivitas pembelajaran, dibutuhkan inovasi dan sentuhan kreativitas, sehingga tercipta suasana baru, yang harapannya akan meningkatkan semangat belajar siswa.(Atun/NBA/bd)