Masmin Afif : Isra dan Mi’raj Sebagai Momentum Peningkatan Ibadah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1438 H, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Klaten melaksanakan acara pengajian yang digelar di Pendopo Kab. Klaten, Rabu (03/05).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif dan jajarannya turut hadir pada acara tersebut, yang juga dihadiri Plt Bupati Klaten Sri Mulyani, Muspida, ketua DPRD, Muspika, Kepala Sekolah, Penyuluh Agama Islam, Pimpinan Ormas, Majelis Taklim dan Pengurus MUI.

Masmin Afif dalam sambutannya dan sekaligus sebagai ketua panitia mengatakan, seluruh umat Islam didunia, setiap tanggal 27 Rajab memperingati peristiwa penting dalam sejarah Islam yaitu, Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Peristiwa yang menjadi awal diperintahkannya shalat lima waktu sehari semalam bagi umat Islam.

“Jadikan Isra dan Miraj sebagai momentum peningkatan ibadah, yang diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat”, tandas Masmin.

Mampu mengamalkan shalat lima waktu  dalam sehari semalam sesuai hikmah yang terkandung dalam peristiwa Isra Mi’raj itu. Menurut dia, peristiwa Isra Miraj mengandung mutiara hikmah yang sangat luas dan mendalam yang  perlu dipedomani dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, terutama menjalin hubungan antar sesama umat manusia maupun  Allah SWT dan Rasulullah SAW.

“Sholat membuat kita selalu dekat dengan Allah SWT, shalat akan menjadi rahmat dan kasih sayang serta bimbingan dan lindunganNya untuk mencapai keselamatan dan kesejahteraan baik di dunia maupun di akherat kelak”, pesan Masmin

Selanjutnya tauziah disampaikan Agus Budiharto, beliau menyampaikan, shalat merupakan media untuk mencapai kesalehan spiritual individ hubungannya dengan Allah SWT. Shalat juga menjadi sarana untuk menjadi keseimbangan tatanan masyarakat, beradab, dan penuh kedamaian.

Perintah shalat merupakan ibadah wajib bagi setiap umat Islam dan memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan ibadah-ibadah wajib lainnya. Sehingga, dalam konteks spiritual imaniah maupun perspektif rasional ilmiah, Isra Mi’raj merupakan kajian yang tak kunjung kering inspirasi dan hikmahnya bagi kehidupan umat Islam.

Dalam kesempatan yang sama, diadakan pengukuhan LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kabupaten Klaten masa bakti 2017-2020 dengan Ketua Mustari.(aj/wul)