Melalui Dinamika Kelompok, Matsama MTs N 2 Banjarnegara Siap Bentuk Karakter Siswa Baru

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Negeri 2 Banjarnegara melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2023/2024 pada Senin-Jamis (17,18,20/07), Matsama hari pertama diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan basket. Sejumlah 250 siswa baru mengikuti kegiatan Matsama. Pembukaan matsama dihadiri oleh kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan MTs Negeri 2 Banjarnegara.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 ini dibuka secara resmi oleh Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara, Ratna Ayu Kartika Wulan menyapa dan menyampaikan tujuan dilaksanakannya matsama kepada peserta didik baru dengan ucapan selamat datang di MTs Negeri 2 Banjarnegara.

“Matsama bertujuan untuk mengenal lingkungan madrasah dan membentuk siswa yang berkarakter dengan materi yang disampaikan bapak ibu guru. Di samping itu juga untuk menumbuhkan perasaan cinta dan bangga belajar di madrasah,” ungkap Ratna Ayu Kartika Wulan.

Setelah sambutan Kepala Madrasah, rangkaian upacara pembukaan dilanjutkan dengan pengalungan tanda pengenal oleh Kepala Madrasah kepada perwakilan peserta Matsama, yaitu Isa Abdurahman dan Ifana Wahyu Indriati. Setelah itu seluruh peserta Matsama secara bersama-sama mengalungkan tanda pesertanya masing-masing.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan Dinamika Kelompok. Dimana dari 350 siswa baru dibagi kedalam 10 kelompok dengan nama-nama pahlawan.

Dinamika Kelompok ini para peserta Matsama mempresentasikan/memperkenalkan diri masing-masing. Untuk selanjutnya materi ketiga adalah Wawasan Kemadrasahan yang disampaikan oleh Bapak Siswo Purnomo dan Bapak Sudarto. Dalam pemaparan materinya, Siswo Purnomo menjelaskan tentang Visi, Misi dan Tujuan Madrasah.

“Materi Wawasan Kemadrasahan meliputi Visi, Misi dan Tujuan Madrasah. Dengan mengetahui Visi dan Misi Madrasah maka peserta Matsama akan semakin bangga sebagai siswa madrasah,” jelasnya.

Sementara itu Bapak Sudarto menyampaikan tentang Sarana dan Prasarana yang dimiliki madrasah beserta lokasinya. Siswa sangat antusias mengikuti matsama di hari pertama, kegiatan ini semakin semarah dengan melihat secara langsung sarana dan prasarana madrasah yang dipandu oleh para pengurus OSIM.

Kegiatan matsama hari pertama diakhiri dengan sholat dhuhur berjamaah dan apel siang untuk evaluasi. Salah satu peserta matsama, Nabil mengungkapkan rasa senangnya mengikuti matsama.

“Kegiatan Matsama sangat menyenangkan kita bisa mengenal MTs Negeri 2 Banjarnegara yang luar biasa,”pungkasnya.(en/rf)