Matsama, MTs Negeri Batang Kenalkan Lingkungan Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Senin (17/7) merupakan hari pertama masuk sekolah bagi siswa-siswi di tahun ajaran 2023/2024. Beragam kegiatan dilaksanakan untuk mengisi hari pertama tersebut, antara lain kegiatan Masa Ta’aruf Madrasah (Matsama) bagi siswa-siswi baru. Hal itulah yang sedang diselenggarakan oleh MTs Negeri Batang pada Senin (17/7) hingga Kamis (20/7).

Pada tahun ini, MTs Negeri Batang mengusung tema “Matsama Menumbuhkan Kebanggan Terhadap MTs” untuk kegiatan Matsama. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa baru yang berjumlah 276 siswa, dengan rincian 142 siswi putri dan 136 siswa putra. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala MTs Negeri Batang, Wasimin, ketika upacara pembukaan Matsama 2023.

“Alhamdulillah jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Semoga ke depan MTs Negeri Batang semakin berkembang dan maju,” ujarnya.

Lebih lanjut Wasimin mengungkapkan bahwa Matsama merupakan langkah awal bagi peserta didik baru untuk mengenal lingkungan madrasah. Pengenalan lingkungan diperlukan agar siswa baru dapat beradaptasi dengan baik sehingga siswa nyaman belajar di MTs Negeri Batang.

“Nanti siswa baru bisa mulai mengenal bapak ibu guru, nanti kita kenalkan satu per satu supaya anak-anak kenal. Jangan sampai, sudah sekolah di sini satu tahun, tapi tidak tahu nama gurunya,” tuturnya.

Dalam kegiatan Matsama yang diselenggarakan selama tiga hari, para peserta didik baru mendapatkan beberapa materi pengenalan madrasah, diantaranya profil singkat madrasah, tata tertib dan tata krama siswa, proses belajar mengajar, fasilitas dan infastruktur, organisasi kesiswaan, moderasi beragama, dan budaya digital.

Selain materi di dalam kelas, kegiatan Matsama juga diisi dengan berbagai macam permainan ringan di kelas dan pembuatan yel-yel tiap kelompok. Pada hari terakhir Matsama, siswa dikenalkan dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di MTs Negeri Batang, seperti Palang Merah Remaja (PMR), pramuka, seni tari, paduan suara, dan sebagainya. Melalui hal tersebut, diharapkan siswa mendapatkan gambaran dan keinginan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ke depannya. (run/Zy_humas/rf)