Melestarikan Qur’an Dengan Kegiatan Tahtimul Qur’an di MAN 1 Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran – MAN 1 Semarang memperingati HUT MAN ke 43 pada tanggal hari Selasa tanggal16 Mei 2023. Tahun 2023 ini, Hari Ulang Tahun MAN 1 Semarang diawali dengan kegiatan tahtimul Qur’an mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Kepala MAN 1 Semarang H. Musta’in, dalam sambutannya menyampaikan“ Setiap santri adalah pribadi yang siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara”.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun MAN 1 Semarang, MAN 1 Semarang menggelar Khotmil Qur’an yang diselenggarakan bersama hafidz/hafidzah, siswa, dan guru di Halaman MAN 1 Semarang

Taufikurahman, selaku Wakil  Kepala Kesiswaan hadir serta memberi sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan setidaknya ada momentum refleksi yang bisa diambil dari Khotmil Qur’an kali ini, yaitu santri di era disrupsi menjadi suatu komunitas terpelajar yang memiliki karakter khas.

Selanjutnya, Khotmil Qur’an merupakan prosesi bagi santri untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. H. Musta’in juga menyampaikan bahwa perlu adanya konsistensi dalam membaca Al-Qur’an meskipun tidak memahami isi dan maksud di dalamnya.

Selain itu, beliau mengungkapkan bahwa Al-Qur’an merupakan sekumpulan kode yang menunjukkan adanya tanda yang harus diterjemahkan. Hal ini yang menjadi perhatian khusus, yaitu peran akademisi termasuk di  MAN 1 Semarang untuk membantu menerjemahkannya agar para pembaca dapat memahaminya.

 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan membaca Al-Qur’an bersama-sama dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Latif pemimpin Pondok Tahtimul Qur’an Suruh Kabupaten Semarang. ( SP/bd)