Membentuk Sikap Disiplin Dan Mental Pemimpin Melalui LDK

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banyumas : Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan untuk pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS di Madrasah. Guna membentuk karakter kepemimpinan pengurus OSIS yang terpilih melalui Pemilihan Ketua OSIS dan seleksi pengurus OSIS MTsN 2 Banyumas mengadakan LDK yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 21 – 23 Juli.

Kegiatan ini terbagi dalam dua sesi, sesi pertama dilakukan di dalam kelas (indoor), sedangkan sesi kedua dilaksanakan di luar kelas (outdoor). Sesi pertama dilaksanakan di luar ruangan diisi dengan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dengan pengajar yang didatangkan langsung dari Koramil Kecamatan Tambak dan materi keorganisasian yang diampu oleh Dewi Ida selaku Waka Kesiswaan. 

Atik Restusari selaku Kepala Madrasah menjelaskan saat pembukaan LDK bahwa Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan bentuk program pengembangan dengan tujuan memberikan pembekalan kepada para siswa dalam memupuk semangat jiwa kebangsaan dan nasionalisme serta mempersiapkan para siswa menjadi pemimpin yang memiliki keterampilan sebagai pemimpin.

“ Selain itu, LDK juga bertujuan untuk membangun kemandirian, rasa percaya diri, tanggung jawab, disiplin, serta menghormati orang lain. Harapannya kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap sikap, perilaku, dan karakter siswa dalam hal semangat kebangsaan dan nasionalisme karena para siswa merupakan generasi muda penerus bangsa yang ada di garis depan untuk membangun bangsa,” jelas Atik.

Lebih lanjut Atik menyatakan bahwa  program LDK bagi siswa MTs N2 Banyumas sangat penting karena remaja di usia ini adalah kelompok remaja yang sedang membangun jati dirinya.

“ Nilai-nilai yang ditanamkan selama pelatihan tentunya nilai-nilai dasar positif seperti disiplin dan tanggung jawab, yang tentunya akan lebih mudah tertanam dalam diri mereka karena pada masa tersebut mereka sedang berada dalam periode mencari jati diri. Itulah sebabnya MTsN 2 Banyumas melaksanakan program pelatihan ini sebagai program tahunan bagi pengurus OSIS terpilih yang berjumlah 36 siswa MTsN 2 Banyumas,” ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim melalui Kasi Pendidikan Madarasah Edi Sungkowo, mengapresiasi dan mendukung dengan adanya kegiatan LDK yang diadakan oleh MTs N 2 Banyumas.

“ Salah satu kegiatan yang dapat  meningkatkan dan menumbuhkan sikap disiplin dan mental kepemimpinan adalah melalui LDK ini semenjak dini , semoga kegiatan ini juga ditiru oleh madrasah lain di Kabupaten Banyumas,” terangnya.(yud/rf)