Membumikan Moderasi Beragama Melalui Perayaan Maulid Nabi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo (Humas) – Moderasi beragama adalah prinsip yang perlu diterapkan dalam menjalani kehidupan ditengah perbedaan kepercayaan dan keyakinan lebih lagi di Indonesia yang majemuk. Salah satu upaya untuk mempromosikan moderasi beragama, Kankemenag Kab. Wonosobo pada hari Jumat, (20-10-2023) bertempat di Masjid Abu Dardini menyelenggarakan kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2023.

“Melalui peringatan Maulid Nabi adalah kesempatan bagi kita semuanya umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada nilai-nilai yang diajarkan Nabi Muhammad SAW yang perlu kita teladani,” jelas Panut selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo dalam sambutannya saat mengisi acara.

Ia katakan melalui pengajian dan ceramah, umat Muslim dapat menggali lebih dalam tentang pesan-pesan moderasi, toleransi dan kedamaian serta kasih sayang yang dicontohkan Nabi.

“Banyak teladan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh kongkret yang perlu kita terapkan dalam kehidupan saat ini. Seperti halnya sikap Nabi tentang saling menghargai dan berinteraksi dengan orang-orang yang berlatar keyakinan dan agama yang berbeda. Contohnya yang terkandung dalam piagam Madinah atau shahifatul Madinah,” imbuhnya.

Ia katakan, dalam piagam Madinah terdapat rumusan mengenai kebebasan beragama, hubungan antar kelompok, kewajiban mempertahankan kesatuan hidup dan lainnya.

“Korelasi piagam madinah dengan moderasi beragama, salah satunya didalamnya ada nilai-niai kemanusaiaan didalamnya, dimana terdapat adanya pasal-pasal Rasullullah mengakui kemajemukan yang selanjutnya disatukan,” lanjut Panut.

Melalui maulid Nabi, (Panut tegaskan), harus ada nilai dan sejarah yang dijadikan referensi untuk memberikan edukasi pentingnya moderasi beragama untuk diterapkan di Indonesia yang terdapat ribuan perbedaan.

Ia katakan, diperlukan sikap saling menghargai dan toleransi dalam menjaga keutuhan NKRI, “toleransi adalah jembatan keharmonisan dalam perbedaan keyakinan. Kita dapat bersama-sama mengejar kebahagiaan dan kedamaian, meskipun kita berjalan pada jalur yang berbeda menuju cahaya kebenaran yang sama,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya ia berpesan kepada seluruh ASN agar terlibat aktif dalam membumikan Moderasi Beragama disetiap kegiatan, agar pesannya tersampaikan menyeluruh dan menyentuh segala lini kehidupan.(Ps-ws/Sua)