Mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”, Kota Salatiga Gelar Apel Hari Santri 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Salatiga (Humas) – Apel Hari Santri Tahun 2023 Tingkat Kota Salatiga sebagai puncak peringatan Hari Santri tahun ini digelar pagi ini, Minggu (22/10/2023) di Lapangan Pancasila. Kepala Kankemenag Kota Salatiga, Wiharso menghadiri kegiatan didampingi Kasubbag TU yang bertugas sebagai pembaca doa. Bertindak sebagai Pembina Apel, Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinung N Rachmadi.

Apel dihadiri oleh jajaran forkopimda, pimpinan pondok pesantren, pimpinan PCNU, pimpinan PDM, ulama/kyai, Kepala Madrasah/Sekolah Islam. Adapun peserta Apel diantaranya adalah santri Pondok Pesantren se-Kota Salatiga, siswa sekolah Islam, banser, pengurus NU, dan ASN Kemenag Salatiga.

Mengusung tema “Jihad Santri, Jayakan Negeri”. Sinung mengajak para santri untuk mewujudkan jihad di zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas. Semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan patut diapresiasi dan dirayakan.

“Saat ini jihad tidak hanya merujuk pada pertempuran fisik, namun perjuangan intelektual yang penuh semangat melawan melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan,” tegas Sinung.

Sinung menambahkan bahwa Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air. Karena itu, semua masyarakat Indonesia apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri.

Usai Apel diserahkan bantuan-bantuan, sertifikat wakaf, dan piala kejuaraan lomba dalam rangka peringatan Hari Santri 2023 seperti 20 setel seragam untuk Garfa dari Kemenag, bantuan dari Baznas melalui program santripreneur, bantuan material BSRS APBD, santunan paket duafa dan bantuan korban kebakaran dari Lazismu serta pemberian sertifikat wakaf kepada PCNU. Apel dimeriahkan oleh penampilan drumband dan pencak silat. (YF/HA/bel)