Menjalankan Tugas dengan Slogan Ikhlas Beramal, Bawa Keberkahan bagi Keluarga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, “Jalani hidup sesuai dengan slogan Kementerian Agama “Ikhlas Beramal”, insya Allah akan membawa keberkahan dalam hidup kita,” ujar Darlin pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2022. Pesan ini ia sampaikan dalam kegiatan pelepasan pegawai yang akan memasuki purna tugas, yang digelar oleh jajaran Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, di aula setempat, Senin (30/5/2022).

Darlin menuturkan bahwa dalam menjalani kehidupan akan selalu ada tantangan yang dihadapi. “Dulu waktu saya kuliah, begitu lulus problem saya adalah mencari pekerjaan. Begitu dapat pekerjaan, problemnya banyaknya tugas yang harus saya selesaikan. Setelah setiap satu tugas selesai, maka akan muncul problem-problem lainnya. Ternyata hidup itu selalu dihadapkan dengan problem, tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi problematika yang ada. Harus disikapi sebagai tantangan yang wajib untuk kita taklukkan,” tuturnya.

“Semakin tinggi derajat seseorang, ternyata tantangan yang dihadapinya semakin banyak pula,” imbuhnya.

Darlin pun mengungkapkan kebanggaannya sebagai bagian dari keluarga Kankemenag Kota Semarang. “Slogan Ikhlas Beramal betul-betul cocok untuk diterapkan dalam menjalani kehidupan dan juga menjalankan tugas kedinasan, sehingga tidak pernah ada kata lelah dalam menghadapi tugas-tugas yang ada di pundak kita,” ujarnya.

“Ikhlas artinya melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal, sedangkan beramal artinya berbuat tanpa pamrih, sehingga dalam setiap menjalankan tugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selalu berusaha melakukan yang terbaik semampu kita, dan hanya berharap ridho Allah SWT,” lanjutnya.

“Dengan Ikhlas Beramal, maka rasanya setiap menjalankan tugas terasa ringan, dan berapapun yang kita peroleh dari gaji dan tukin (tunjangan kinerj) atau tunjangan-tunjangan lainnya akan terasa berkah untuk keluarga kita,” ungkapnya.

Pegawai lain yang akan memasuki masa purna tugas pada 1 Juni mendatang adalah Mindarsih Sulami pegawai Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kankemenag Kota Semarang, yang ikut hadir pula pada kegiatan tersebut. Selain itu, hadir pula Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Sekretaris Dharma Wanita Persatuan (DWP), serta pegawai di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.(Tina/NBA/bd)